Empat Saluran Air di Kelapa Gading Dikuras

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara, saat ini masih melakukan pengurasan empat saluran air yang ada di wilayah RW 18 dan RW 04 Kelurahan Pegangsaan Dua, serta RW 15 dan RW 16 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana mengatakan, pengurasan saluran air dilaksanakan secara bertahap sejak Juni lalu. Dimulai dari saluran air di wilayah RW 18 sepanjang 5.000 meter dan RW 04 Kelurahan Pegangsaan Dua, sepanjang 1.000 meter.

Sedangkan saluran di RW 15 memiliki panjang 400 meter dan RW 16 Kelurahan Kelapa Gading Timur, panjangnya sekitar 1.000 meter.

"Pengurasan saluran di empat wilayah RW ini sebagian sudah kita kerjakan. Target kita, keseluruhan saluran rampung dikuras 1,5 bulan lagi," ujarnya

Dijelaskan Rukmana, lebar saluran di empat RW tersebut bervariasi antara 30-60 sentimeter. Kedalaman saluran juga rata-rata sekitar 80 sentimeter dengan kondisi eksisting ketebalan lumpur antara 60-70 sentimeter.

"Pengurasan saluran ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya genangan saat musim penghujan mendatang," tandasnya.