Sebanyak 16.686 Calon ASN Di Makassar Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Pemerintah Kota Makassar menggelar ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gedung Olahraga Universitas Hasanuddin Makassar, Sabtu (22/2).

Sebanyak 16.686 peserta mencoba berjuang agar dapat menjadi ASN di Kota Makassar. Tes ini sendiri di bagi menjadi 5 sesi di tiap harinya, selama ujian SKD pelaksanaannya akan berlangsung selama 5 hari. Di tiap sesinya 700 peserta akan beradu menjawab soal dengan pengawasan ketat. 

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau langsung lokasi tes di hari pertama. Nampak suasana begitu tenang dan para peserta juga berkonsentrasi pada komputer masing-masing. Sementara di bagian luar, sejumlah peserta lainnya juga mempersiapkan diri untuk sesi SKD selanjutnya .

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang di temui di sela-sela peninjauan menuturkan pelaksanaan tes tahun ini berjalan kondusif dan berharap hingga selesainya seleksi ini tidak menimbulkan masalah hingga selesai ujian. 

"Tes CPNS tahun ini di laksanakan Pemkot Makassar kita lihat ujiannya berjalan lancar, tidak ada krasak krusuk meski jumlah peserta yang ikut ujian begitu banyak. Semoga tetap kondusif hingga pelaksanaan tes berakhir",ungkap Nurdin. 

Senada dengan Pj Wali Kota Makassar, ia pun menegaskan akan memberikan efek jera kepada pelaku pelanggaran yang berbuatcurang dengan memberi sanksi hukum pidana. 

"Peserta yang didapati melakukan kecurangan, selain tidak lulus juga langsung di serahkan ke pihak berwajib. Jadi, kami ingin berikan efek jera agar ke depannya tidak adalagi kejadian yang sama",tutur Iqbal. 

Pelaksanaan tes SKD CPNS Pemkot Makassar ini selain di awasi langsung oleh Pemerintah Kota Makassar juga melibatkan aparat TNI/Polri dalam pengamanannya. Dari 16.686 pendaftar yang akan di terima pada tes kali ini sebanyak 520 orang.(yat)