Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Lewat Cultural Fest Vol.3

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--UKM Bahasa Universitas Muhammadiyah Makassar merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dibidang penguasaan bahasa asing yang telah berdiri sejak tahun 2014. Di tahun ini UKM Bahasa UNISMU kembali menyelenggarakan Cultural Fest Vol. 3(Competition and Festival).

Kegiatan kali ini mengusung tema “Diversity for the Great World” yang akan menghadirkan melalui pentas kebudayaan asing serta festival kuliner dari berbagai negara. Yang dimulai pada tanggal 12 hingga 13 Oktober, yang berlokasi di Auditorium Al-Amien Universitas Muhammadiyah. 

Ketua Umum UKM Bahasa Universitas Muhammadiyah Makassar, Ahmad Yani mengungkapkan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari Cultural Fest vol 1 yang dilaksanakan pada tahun 2014 lalu. Dimana, pada event kali ini memiliki 5 divisi, diantaranya Bahasa Arab, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, Bahasa Daerah, Bahasa Inggris dan Debate.

"Bentuk kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinyaa diadakan di Universitas Muhammadiyah, dengan memperlombakan 14 cabang lomba kebahasaan, dengan background bahasa yang berbeda-beda," ujarnya 

Ia pun berharap, ajang bergengsi tersebut dapat dijadikan sebagai agenda tahunan UKM Bahasa.

"Kalau misalnya, tahun ini debatnya menggunakan bahasa inggris, tahun depan bisa debat dengan Bahasa Jepang, sehingga akan membuka peluang bagi peserta untuk mengembangkan karir di luar negeri. Tentu kita akan support terus," harapnya.

Tak hanya itu Ahmad Yani mengatakan, ajang tersebut dapat memberikan fasilitas kepada siswa(i), SMA/sederajat, mahasiswa(i) universitas, untuk berkompetensi, serta memfasilitasi pecinta bahasa untuk lebih mengembangkan diri dalam bidang kebudayaan dan kebahasaan.

"Hingga saat ini, pendaftar sudah lebih seratus. Ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi saja, tetapi juga untuk menambah wawasan dan semangat belajar bagi pengunjung, karena dalam event ini, akan ada sesi 'sharing and talkshow' oleh tokoh-tokoh inspirator pendidikan," paparnya.

Sekedar diketahui, ada puluhan tenant kuliner, fashion, UKM dan souvenir akan turut meramaikan event Cultural Fest ini. Bagi masyarakat yang hendak berpartisipasi dalam pagelaran tersebut. 

Sementara itu, Wakil Rektor III Unismuh, Dr. Muh Tahir mengatakan pengembangan ini mensuport kegiatan dalam pengembanagan budaya dan bahasa ini, kami sudah memprogramkan untuk ke jenjang lebih tinggi.

“Dari sisi akademik kami berharap melalui ukm bahasa, bisa menggunakan bahasa indonesia yang benar serta menguasai bahasa asing, agar mudah nanti mendapat pekerjaan , disamping itu, dengan adanya kemampuan mahasiswa dalam berbahasa asing itu memudahkan universitas dalam meraih akreditas.” Tuturnya. (R/Rajendra)