77 Perusahaan Raih Penghargaan Keselamatan Migas

By Admin

nusakini.com-- Bertempat di halaman Hotel Inaya Putri Nusa Dua, Bali, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) menganugerahkan kepada 77 perusahaan bidang Migas atas upaya dalam pengelolaan terhadap keselamatan kerja migas.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Luhut Binsar Panjaitan dan didampingi oleh Direktur Jenderal Migas, I Gusti Nyoman Wiratmaja setelah gala dinner acara Forum Keselamatan Migas, Rabu (24/8) malam. 

“Pemberian penghargaan Keselamatan Kerja Migas untuk memberikan apresiasi terhadap keberhasilan perusahaan dalam menjamin kelangsungan keselamatan migas,” kata Wiratmaja dalam laporannya. Ia melanjutkan bahwa bentuk penganugerahan semacam ini berdasarkan Undang-Undang Migas No.22 Tahun 2001,

Peraturan Pemerintah No.35 dan 36 Tahun 2004 serta mengacu pada Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No.516 K/38/M.PE/89. Proses penilaian dilakukan melalui tahap evaluasi dan verifikasi oleh tim juri yang ditunjuk langsung oleh Direktorat Jenderal Migas. 

Sementara itu, Plt. Menteri ESDM menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan. “Saya ucapkan selamat kepada teman-teman yang mendapatkan penghargaan,” ungkap Luhut. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa Migas sebagai sektor yang sangat penting sehingga diperlukan transparansi dalam segala hal agar menjadi lebih efisien. 

Adapun rincian penerima penghargaan keselamatan kerja migas sebagai berikut: 

- Bidang Kegiatan Eksplorasi sebanyak 7 Perusahaan 

- Bidang Kegiatan Eksploitasi sebanyak 47 Perusahaan 

- Bidang Kegiatan Pengolahan sebanyak 10 Perusahaan 

- Bidang Kegiatan Pengangkutan sebanyak 8 Perusahaan 

- Bidang Kegiatan Penyimpanan sebanyak 4 Perusahaan 

- Bidang Kegiatan Niaga sebanyak 1 Perusahaan 

Untuk kelas Penghargaan, dari total keseluruhan 77 (Tujuh Puluh Tujuh) Perusahaan, dimulai dari Penghargaan Tertinggi adalah: 

- Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha sebanyak 11 Perusahaan 

- Patra Nirbhaya Karya Utama sebanyak 27 Perusahaan 

- Patra Nirbhaya Karya Madya sebanyak 20 Perusahaan 

- Patra Nirbhaya Karya Pratama sebanyak 19 Perusahaan 

Acara penyerahan penghargaan selain dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Satry Nugraha, juga dihadiri oleh direktur utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, serta sejumlah CEO perusahaan Migas. Acara diakhiri dengan foto bersama. (p/ab)