Alan Shearer Nyaris Gabung Manchester United

By ommed


nusakini.com - Striker legendaris Inggris Alan Shearer menceritakan bagaimana dirinya hampir memilih bergabung dengan Manchester United ketimbang Newcastle United pada musim panas 1996.

Shearer yang kala itu bersinar berama Blackburn Rovers mendapat pendekatan serius dari Newcastle dan juga United. Gerak cepat yang dilakukan manajer Newcastle Kevin Keegan pada akhirnya membawa Shearer pindah ke klub kampung halamannya itu dengan rekor transfer dunia £15 juta.

"Saya bertemu Kevin Keegan dan Sir Alex [Ferguson] di hari yang sama," katanya kepada BBC.

"Di pagi hari saya bertemu Keegan dan negosiasi berjalan sangat, sangat lancar. Lalu perwakilan dari Man United datang. Pembicaraan berjalan lancar, dan saya terkesan dengan penjelasan mereka. Saya harus membuat keputusan."

"Dalam satu kesempatan, saya sudah memutuskan untuk memilih Manchester Untied. Namun ketika saya duduk merenung, saya mendapatkan telepon dari Kevin yang meminta kami bertemu lagi keesokan hari atau lusa. Lalu saya berpikir, 'Saya akan ke Newcastle. Itulah klub yang saya dukung dan ingin saya perkuat."

Ia juga bercerita bahwa Ferguson tidak responsif dalam negosiasi ini. Shearer sempat berencana menelepon Fergie untuk memberikan kabar bahwa ia akan memilih Newcastle, tapi telepon tidak diangkat. Tidak ada upaya lebih lanjut dari bos legendaris Setan Merah itu untuk membujuk Shearer ke Old Trafford.

"Saya menelepon Sir Alex dan terus meneleponnya, tapi dia tidak menjawab. Saya meninggalkan pesan untuknya, tapi dia tidak pernah menelepon kembali," sambungnya.

"Saya tidak punya penyesalan [memilih Newcastle ketimbang Untied]. Saya akan melakukan hal yang sama jika harus kembali ke masa lalu."

Shearer kemudian menjadi pujaan publik St James' Park dengan sukses mencetak 206 gol dari 405 laga meski ia tak pernah memenangkan gelar Liga Primer Inggris bersama The Magpies. (gi/om)