Apa Kabar Oltje Runtu?

By Ahmad Rajendra

 

Nusakini.com--Makassar--Hampir setahun Oltje 'Oche' Runtu, mantan Supervisor D'Liquid dan Manajer Botol Musik Makassar tinggal di Australia. 

Ini menjadi pengalaman pertama merantau dan meninggalkan keluarga dengan jarak yang jauh serta dalam jangka waktu yang lama.

Oche merasa membutuhkan tantangan baru dengan bekerja di Australia yang merupakan negara maju

"Banyak yang bilang bekerja di luar negeri sangat berat,berbeda di Indonesia.Tapi saya perlu tantangan dalam menjalani kehidupan,dengan berjuang sendiri juga melatih mental saya.Apalagi saya harus berhadapan dengan berbagai macam orang yang berbeda budaya dan kebiasaan," Ungkap Oche yang bekerja di sebuah Cafe di Australia. 


Selain bekerja, Oche juga kuliah di Sydney Global College North Sydney, dengan mengambil jurusan Advanced Leadership and Management. 

"Rencana untuk kembali ke Indonesia pasti ada, namun bisa saja berubah.Karena saya sangat betah tinggal disini.Saya juga kagum dengan Pola serta sistem hidup yang ada disini." Cerita Oche. 


Oche mengaku pernah menolak sebuah tawaran untuk kembali bekerja di Indonesia. 

"Ada teman yang menawari buat megang sebuah outlet di Palu, kebetulan masih baru dan konsepnya tidak berbeda jauh dengan tempat kerja saya sebelumnya.Namun saya memutuskan tetap bekerja dan melanjutkan kuliah disini," Kata Oche. 

Untuk melepaskan rindu dengan keluarga, Oche mengaku rutin berkomunikasi melalui telpon dan Video Call. 

"Saya merasa tetap dekat dengan mereka.Saya rasa mereka juga sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini.Khusus buat anakku yang bungsu, sebentar lagi dia akan berangkat ke Jerman buat kuliah dan kerja.Dengan kondisi seperti ini dia jadi terbiasa jauh dari saya," Tutup Oche.(R/Rajendra)