Covid-19, Stadion Sepakbola Pun Beralih Fungsi

By Abdi Satria


nusakini.com-Madrid-Banyak stadion sepakbola di dunia yang beralih fungsi untuk melawan virus Corona.

Di Spanyol ada Santiago Bernabeu yang berubah fungsi menjadi tempat penampungan perlengkapan medis. "Real Madrid, bekerja sama dengan Dewan Olahraga Tinggi, meluncurkan sebuah proyek di Madrid untuk penyediaan dan distribusi pasokan kesehatan yang strategis," kata pernyataan klub. 

Di Indonesia setidaknya ada tiga stadion yang dipakai untuk kegiatan tes pasien yang terinfeksi Covid-19, yakni Stadion Patriot, Stadion Pakansari, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Korea Selatan juga melakukan hal yang mirip. Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengubah tempat latihan timnas di Paju jadi klinik perawatan pasien positif virus Corona.

Di Brasil banyak stadion yang juga beralih fungsi. Corinthians mengubah Stadion Itaquerao menjadi rumah sakit. Santos ikut serta dengan membangun klinik sementara di bagian dalam Stadion Vila Belmiro.

Watford menjadi klub Liga Inggris pertama yang mempersilakan stadionnya untuk membantu penanganan virus Corona. Manajemen Watford mempersilakan Stadion Vicarage Road digunakan tim medis NHS untuk rapat mendadak kursus staf medis. (d/ab)