Nusakini.com--Makassar--Sudah malang melintang di dunia perhotelan membuat Arifin Achmad Director Of Sales Manager (DOSM) Golden Tulip Essential (GTE) Makassar dikenal berbagai kalangan.Banyak yang menilai Arifin adalah pribadi yang mudah bergaul dan senang berbagi ilmu,ini di buktikan dengan beberapa mantan staff dan rekan kerjanya yang sudah menjadi Head Of Departemen (HOD) di sejumlah hotel.

Dirinya juga dikenal memiliki sifat pekerja keras,mungkin itu yang membuatnya sering di cap sulit ditemui.Tapi Arifin akan menepis anggapan tersebut.

Arifin juga akan membagikan cerita kehidupannya sebagai sales hotel.

Berikut adalah petikan wawancara Arifin Achmad dengan Nusakini.com yang menjadi media pertama tempatnya berbagi cerita,Rabu (15/1) sore.

Sore Pak Arifin,selama ini kami hanya mendengar cerita positif dari para pelaku industri perhotelan yang mengenal anda.Sebuah kebanggan buat kami jadi media pertama tempat anda berbagi cerita.Tapi apakah benar anda adalah sosok yang sulit ditemui ?

Alhamdulillah kalau banyak yang bercerita positif tentang saya.Iya ini adalah kali pertama saya berbagi cerita kepada media.Bukan berarti saya tidak punya teman anak media ya,hanya saja selama ini saya senang berada di belakang layar.Saya lebih tertarik bila media mempromosikan hotel tempat saya bekerja.Kalau sulit ditemui itu tidak benar,buktinya saya masih sering nongkrong bersama teman-teman dan klien.

Anda dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dan berbagi ilmu,ini dibuktikan dengan beberapa mantan staff dan rekan kerja anda yang sudah menjadi HOD di sejumlah hotel.Bagaimana anda menilainya?

Benar saya senang berbagi pengalaman,saya melihat potensi seseorang dari etos kerjanya.Nama - nama seperti Kartika Sudirman (Sales Manager Citadines Royal Bay Makassar),Chalsum Devita (Sales Marketing Manager Whiz Prime Hasanuddin Makassar),Herlia (Front Office Manager GTE Makassar),Theresia Febrianty (Room Division Leader Whiz Prime Sudirman Makassar),Maria Magdalena (Senior Sales Manager Harper Perintis Makassar),dan Taufiq (Asistant Housekeeper Manager Pesonna Makassar) adalah contoh sosok yang pernah menjadi rekan saya dengan etos kerja dan kemauan mempelajari berbagai hal yang tinggi.Wajar saja mereka sudah di percaya menjadi HOD.Saya senang melihat pencapaian mereka sekarang,meski sudah tidak bekerja di tempat yang sama saya masih menjalin komunikasi dengan semuanya.


Anda pernah menjadi Hotel Manajer (HM) di sebuah hotel,tapi sekarang anda adalah DOSM apa itu sebuah penurunan karier ?

Saya masih sering mendapat tawaran menjadi HM di sejumlah hotel,bukan tidak mau.Tapi menurut saya jabatan yang paling menantang di dunia perhotelan adalah Sales.Makanya seorang sales harus punya mental yang kuat.Kami juga harus memutar otak dengan memahami kondisi pasar untuk meningkatkan okupansi.Ditambah harus memahami karakter orang yang berbeda-beda,itulah yang membuat ada beberapa klien yang masih mempercayakan saya meski sudah berganti tempat kerja.Tapi saya tidak terlalu memaksakan diri untuk bekerja karena kesehatan sangat penting.

Apakah terkadang sering muncul rasa jenuh untuk berhenti bekerja atau mencoba pekerjaan lain ?

Justru saya belum punya pikiran untuk berhenti bekerja atau mencoba bidang lain selain dunia perhotelan.Saya merasa semakin hari menjadi lebih muda dan segar.Saya senang bertemu dengan orang dan membantu memenuhi kebutuhan mereka.Itu bisa saya dapatkan dengan bekerja di dunia perhotelan.


Terakhir,Bagaimana anda melihat persaingan industri perhotelan saat ini ?

Saya percaya rejeki sudah ada yang mengatur,berpikir positif dan lakukan saja yang terbaik setiap harinya.(R/Rajendra)