FIFA Belum Putuskan Penundaan Kualifikasi Piala Dunia 2022

By ommed


nusakini.com - FIFA dan konfederasi sepakbola Asia (AFC) hingga saat ini belum mengeluarkan keputusan penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang dijadwalkan pada akhir bulan ini terkait penyebaran virus Corona.
PSSI sebelumnya menyebutkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 mengalami penundaan, dan dijadwal ulang menjadi Oktober dan November. Pengumuman itu bersamaan dengan rilis yang dikeluarkan FIFA melalui laman resmi mereka.

“FIFA dan AFC bertemu untuk membahas aktivitias sepakbola di Asia. Baik FIFA dan AFC memprioritaskan kesehatan semua yang terlibat di pertandingan,” demikian pernyataan FIFA.

“Dengan demikian, pengajuan resmi untuk penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 sudah dikirim ke masing-masing federasi yang terlibat. FIFA dan AFC akan menyampaikan perkembangan terkait jadwal itu dalam beberapa hari ke depan setelah berkonsultasi dengan anggota (federasi).”

Sementara itu, sumber dalam federasi sepakbola Thailand (FAT) menegaskan, AFC saat ini baru sebatas mengeluarkan keputusan penundaan Liga Champions Asia (LCA) yang berada di Asia Timur. Hingga kini FAT belum memberikan pernyataan resmi terhadap klaim PSSI tentang penundaan.

“AFC dan FIFA masih membicarakan masalah ini, dan mereka akan mendiskusikannya dengan perwakilan Asia Barat pada Sabtu ini,” ujar sumber dalam itu diwartakan laman Siam Sport.
“Peluang untuk menunda pertandingan cukup besar, tapi bukan berarti akan digelar Oktober. Kami tetap menunggu keputusan yang akan diumumkan melalui rilis resmi pada 9 Maret.” (gi/om)