Gubernur NA Hadiahi Masyarakat Gowa Bantuan Keuangan Rp 50 M

By Abdi Satria


nusakini.com-Gowa- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Nurdin Abdullah, memberikan bantuan keuangan daerah tahun anggaran 2020 sebesar Rp 50 miliar untuk Kabupaten Gowa. Bantuan tersebut sebagai kado pada HUT Gowa ke-699.

"Saya hadir tentu merupakan support bagi Pak Bupati dan Wakil Bupati. Oleh karena itu, kado ulang tahun Gowa, kami memberikan bantuan keuangan daerah untuk 2020 sebesar Rp 50 miliar," kata Nurdin Abdullah, pada peringatan HUT Gowa yang dilaksanakan di Benteng Somba Opu, Minggu, 17 November 2019.

Gubernur berharap, bantuan ini dapat berkontribusi dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Gowa. Demikian juga terkait bantuan ini, setiap pemerintah daerah diberikan kesempatan untuk mengajukan program inovatif yang mendukung pembangunan daerah.

"Kebijakan bantuan keuangan daerah kami naikkan dari Rp 24 miliar (Rp 1 miliar per kabupaten) menjadi Rp 300 miliar," ungkapnya.

Setiap daerah diberikan kewenangan penuh untuk memanfaatkan dana bantuan ini. Diketahui, tahun 2020 Pemprov Sulsel akan menaikkan bantuan keuangan daerah dari Rp300 miliar menjadi Rp 500 miliar. 

Pada kesempatan ini, Nurdin Abdullah juga menyampaikan, Pemerintah Jepang memberikan hibah ambulans dan pemadam kebakaran (damkar) dari Jepang sebanyak 39 unit.

"Insyaallah Gowa juga akan mendapat ambulans dan Damkar," terangnya.

Pada tahun 2020 mendatang, Kabupaten Gowa juga akan kebagian Dana Alokasi Khusus (DAK) Pasar.

"DAK Pasar yang akan diberikan ke Sulsel itu juga akan kita serahkan ke Gowa. Saya kira ini sebuah kado yang tentu merupakan support Pemprov Sulsel," paparnya. (Rah)