Ini Pola Baru Penyaluran Dana BOS: Lebih Cepat dan Singkat

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa mulai tahun 2020 ini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik APBN mengalami perubahan dalam pola penyalurannya. Hal ini ia katakan saat menggelar konferensi pers bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Pendidikan&Kebudayaan (Mendikbud) Senin (10/02) di kantor pusat Kementerian Keuangan. 

“Untuk tahun 2020 penyaluran BOS diubah dari yang tadinya 4 kali menjadi 3 kali. Tahap I (sebesar) 30%, tahap 2 (Sebesar) 40%, dan tahap 3 (sebesar) 30%. Kalau tahun lalu sebelumnya kita 4 kali yaitu (dengan alokasi sebesar) 20%, 40%, 20% dan 20%. Dengan menjadi 3 kali berarti akan jauh lebih sederhana,” ujar Menkeu. 

Menkeu menjelaskan bahwa pada tahun 2020 ini dana BOS akan disalurkan secara langsung dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke rekening sekolah penerima dana. Pada tahap pertama, dana BOS Reguler akan disalurkan paling cepat pada bulan Januari sebesar 30%. Kemudian pada tahap kedua, dana BOS Reguler akan disalurkan paling cepat bulan April dengan besaran 40%, dan tahap terakhir yaitu tahap ketiga dana BOS Reguler paling cepat akan disalurkan pada bulan September sebanyak 30%. Sedangkan untuk BOS Kinerja dan BOS Afirmasi tidak mengalami perubahan pola penyaluran yaitu akan diberikan sekaligus 100% paling cepat pada bulan April. 

Pada kesempatan itu, Menkeu mengatakan bahwa perubahan pokok kebijakan ini bertujuan untuk mendukung konsep 'Merdeka Belajar' yang diusulkan oleh Kemendikbud dengan adanya alokasi besaran penyaluran dana yang signifikan di awal tahun yaitu 70%. Selain itu, perubahan pokok kebijakan ini juga diharapkan bisa meningkatkan akurasi penyaluran BOS karena rekomendasi penyalurannya menggunakan data yang di-input langsung oleh sekolah melalui aplikasi Dana BOS. 

Pada kesempatan itu, Mendikbud Nadiem Makarim menyebutkan bahwa kebijakan ini adalah buah sinergi yang baik antar Kementerian. “Kebijakan-kebijakan hari ini tidak akan bisa tercapai tanpa dukungan penuh dari Ibu Menkeu dan Pak Mendagri. Jadi, ini benar-benar salah satu produk kerjasama kegotongroyongan antar tiga kementerian ini untuk bisa menciptakan kebijakan yang baik,” tukas Mendikbud. (p/ab)