Ini Tutorial Pemesanan SBR009

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Investasi pada Savings Bond Retail Seri 009 (SBR009) terbilang menarik dengan kupon 6,3% pertahun yang mengambang dengan kupon minimal dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate. Investasi ini bertenor 2 tahun dan bisa early redemption di tanggal 24 Februari 2021-4 Maret 2021.  

Ini empat langkah mudah memesan yang sudah bisa dipesan dari tanggal 27 Januari hingga 13 Februari 2020 mulai Rp1 juta-Rp3 miliar.  

Pertama, calon investor melakukan pendaftaran/registrasi melalui sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain: data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi Midis. 

Adapun, Midis yang bekerjasama adalah Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, BTN, Panin, CIMB Niaga, Maybank, OCBC, DBS, Commonwealth, Danamon, HSBC, UOB, Danareksa, Trimegah, Bahana, Mandiri Sekuritas, Bareksa, Investree, Modalku, Tanamduit, Invisee, Permatanet. 

Kedua, calon investor melakukan pemesanan SBR009 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR009. 

Ketiga, setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan. 

Keempat, setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR009 pada tanggal setelmen/penerbitan. (p/ab)