Ini Upaya Petrokimia Gresik Menumbuhkan Bibit Atlet Berprestasi

By Admin


nusakini.com - Gresik - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro dan Juara Thomas Cup 1998 dan 2000, Chandra Wijaya hadir dalam acara coaching clinic yang diselenggarakan Persatuan Bukutangkis (PB) Petrokimia Gresik (PG), di Gedung Serbaguna Tri Dharma, Sabtu (28/9/19).

Chandra Wijaya, Juara World Championship 1997, dan peraih Medali Emas Olimpiade 2000 di Sydney ini berbagi semangat dan tips kepada 30 peserta coaching clinic yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar (SD). 

Ia berharap, kehadirannya bersama Kepala Bappenas bisa memberikan inspirasi bagi atlet pemula. Menurutnya, adanya dukungan dari Petrokimia Gresik terhadap olah raga bulu tangkis dapat memunculkan potensi pemain dari daerah, khususnya Gresik. Dengan demikian akan muncul bibit-bibit atlet baru yang kelak bisa menunjukkan prestasinya di tingkat daerah, nasional, maupun dunia. 

“Dukungan banyak pihak seperti Petrokimia Gresik menjadi sangat penting untuk pembinaan prestasi bulu tangkis Indonesia,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi komitmen PBPG dalam menumbuhkan minat bulu tangkis terhadap anak-anak SD. 

"Coaching clinic yang dilakukan PB Petrokimia Gresik sangat bagus. Antusiasme para pesertanya juga sangat bagus. Selain itu, ajang ini menjadi wadah silaturrahmi dengan jajaran Direksi Petrokimia Gresik," ujarnya. 

Direktur Utama (Dirut) Petrokmia Gresik, Rahmad Pribadi mengatakan, kegiatan coaching clinic ini bagian dari dukungan Petrokimia Gresik terhadap olah raga bulu tangkis. PG sebagai perusahaan solusi agroindustri, dan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) juga berupaya mendukung Pemerintah dalam meningkatkan prestasi olah raga di tanah air. Dirut berharap, kehadiran Chandra Wijaya bisa memberikan sentuhan talent terhadap bibit-bibit atlet bulu tangkis di Gresik, sehingga bermunculan bibit atlet yang menonjol, dan berprestasi di level nasional, bahkan dunia. 

Dirut menyampaikan bahwa manajemen mendukung pembinaan olahraga bulu tangkis bagi karyawan. Menurut Dirut, bulu tangkis tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga mengajarkan banyak filosofi yang dapat meningkatkan kinerja untuk mendukung transformasi bisnis Perusahaan. 

"Bulu tangkis mengajarkan kita untuk menguasai diri di lapangan. Kita dapat belajar mengelola emosi agar tetap tenang dan percaya diri, sehingga mampu secara taktis mengubah strategi saat keadaan tertekan atau tertinggal. Kondisi ini juga bisa terjadi di dunia bisnis untuk menjadi market leader," ungkap Dirut. 

Saat ini, lebih dari 20 cabang olah raga dibina oleh PG melalui Bidang Olah Raga Serikat Karyawan Petrokimia Gresik (Bidor SKPG). (Hartono/Ma)