Jurgen Klopp Jadikan Wijnaldum Pemain Serbabisa

By ommed


nusakini.com - Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum (29 tahun), mengungkapkan bagaimana Jurgen Klopp membentuknya sebagai pemain yang mampu bertahan dan menyerang sama baik.
Wijnaldum membela Liverpool semusim setelah Klopp resmi melatih The Reds. Nama pertama didatangkan dari Newcastle United pada musim 2016/17.

Pemain asal Belanda itu merasa gaya dan pola bermainnya berubah sejak kedatangannya di Anfield.

"Perkembangan saya sejak datang ke Liverpool terasa bagus. Saya menjadi pemain serbabisa,”
“Sebelumnya, saya terbiasa dengan peran menyerang dan hanya terlibat dalam serangan.”

“Sejak Piala Dunia dengan pelatih [Louis] van Gaal [pada 2014], saya diplot untuk lebih bermain sentral dan itu berjalan dengan baik. Setelahnya, saya tidak memainkan peran itu lagi, baik di PSV maupun di Newcastle.”
“Ketika saya berbicara dengan Klopp, dia meminta saya berperan lebih defensif, artinya saya harus menjadi serbabisa [menyerang dan bertahan].”

“Itu tidak mudah karena saya tipe gelandang menyerang, tetapi Klopp telah membantu perkembangan saya. Kini, saya menjadi pemain yang lebih komplet ketimbang saat saya kali pertama tiba di Liverpool,” pungkasnya.
Sejak didatangkan, Gini, sapaan karib Wijnaldum, selalu tampil reguler. Ia berperan penting (meskipun tidak terlihat) menjaga fleksibilitas Liverpool dalam transisi. (gi/om)