nusakini.com - Jakarta - Musisi Maia Estianty punya pandangan tersendiri menyikapi Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2016). Bagi Maia, perjuangan Kartini di masa lampau masih diteruskan oleh para Kartini di era moderen. Buktinya, para wanita kini bisa berperan sebagai ketua umum organisasi, direktur, CEO hingga menteri.

Ibu tiga putra ini pun menilai profesi ibu rumah tangga memiliki perjuangan yang tak kalah penting dari para perempuan lain yang menekuni karir. Pasalnya, ibu rumah tangga memikul tugas berat untuk mencurahkan pikiran dan tenaga mereka dalam membesarkan generasi muda penerus bangsa.

Oleh karena itu, terlepas dari berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, Maia melihat pendidikan tetap harus menjadi fokus bagi perempuan. Selain menunjang karir bagi para perempuan yang bekerja, pendidikan yang baik juga penting bagi ibu rumah tangga.

Melalui pendidikan yang baik, lanjut Maia, ibu rumah tangga dapat memberikan edukasi yang baik pula bagi anak-anaknya. Dengan begitu, anak-anak tersebut nantinya dapat tumbuh menjadi sosok dewasa dan pemimpin yang baik untuk negeri ini.

"Jadi saya pikir ini alasan kenapa perempuan-perempuan harus sekolah walaupun pada akhirnya mereka tidak kerja di kantor atau pun tidak bekerja sama sekali," tambah ibu dari Al, El dan Dul ini.(ab)