Kemenag Beri Penghargaan Bidang Keagamaan Bagi Enam Kepala Daerah

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Kementerian Agama memberikan penghargaan bidang keagamaan bagi enam kepala daerah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi pada Malam Tasyakuran Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama, di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag, Jakarta. 

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kerja Kementerian Agama, termasuk kepada para Kepala Daerah yangt telah memberikan perhatian lebih kepada bidang agama dan Keagamaan di daerahnya," tutur Menag Fachrul Razi, Kamis (16/01). 

Penghargaan Bidang Keagamaan bagi Kepala Daerah diberikan kepada, pertama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Kami berterimakasih karena Gubernur DKI Jakarta telah memberikan hibah senilai 400 miliar rupiah untuk kesejahteraan guru agama di DKI Jakarta," kata Menag. 

Kedua, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yang diwakili oleh Wakil Gubernur Ria Norsan. "Gubernur Kalimantan Barat telah menghibahkan tanah lebih dari 23 Ha untuk pembangunan Asrama Haji. Dan ini tentu bermanfaat bagi umat," imbuh Menag. 

"Ketiga, kami berterimakasih kepada Gubernur Riau Syamsuar yang telah memberikan hibah tanah bagi Kantor Urusan Agama (KUA) pada 56 lokasi di Provinsi Riau," lanjut Menag. 

Keempat, penghargaan bidang keagamaan diberikan kepada Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang telah memberikan hibah sebesar 18 miliar untuk kesejahteraan guru di pesantren. 

Walikota Kupang NTT Jefirstson R.Riwu Kore menjadi kepala daerah kelima yang diberikan penghargaan dalam Malam Tasyakuran Hari Amal Bakti ke-74 Kemenag. "Bapak Walikota Kupang telah menghibahkan tanah seluas 4.592 meter persegi untuk pembangunan tempat ibadah Buddha," kata Menag. 

Terakhir, penghargaan diberikan kepada Bupati Bolaang Mongondow Iskandar Kamaru yang diwakili oleh Wakil Bupati Dedi Abdul Hamid. "Beliau telah menghibahkan 4,2 miliar untuk pengembangan Bimas Hindu. Padahal beliau bukan beragama Hindu. Tapi perhatiannya luar biasa," kata Menag. 

"Bukan sekedar dari besarnya apa yang telah diberikan, tapi perhatian kepada kehidupan keagamaan di wilayahnya. Kami mengucapkan terimakasih, " ujar Menag. 

Selain ribuan ASN Kementerian Agama, Malam Tasyakuran dalam rangka Hari Amal Bakti ke-74 ini juga dihadiri Menteri Agama Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Agama Masa Bakti 2001-2004 Said Agil Al-Munawar. Tampak hadir pula para tokoh-tokoh lintas agama. (p/ab)