Kemenpora Apresiasi Acara MK Terkait Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Pengurus OKP

By Admin

nusakini.com--Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Amar Ahmad mendampingi Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman membuka Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Pengurus Organisasi Kepemudaan Lintas Agama se-Indonesia di Pusdiklat MK, Aula Graha Konsitusi, Cisarua, Jabar, Senin (16 /4) malam.  

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman mengatakan tantangan yang terbesar dalam proses demokrasi adalah tingkat heterogenitas atau kebhinekaan penduduk. "Semakin tinggi tingkat kebhinekaan penduduk maka semakin tinggi pula tingkat konflik yang akan muncul di tengah-tengah masyarakat. Dari sudut pandang ini maka  heterogenitas negara Indonesia jauh lebih tinggi dari negara lain," ucapnya.  

Ia melanjutkan, jika kita simak perubahan UUD 1945 pasca reformasi terdapat satu materi muatan yang sangat penting tentang hak asasi manusia yang tercantum dalam bab 10 A."Bahwa negara bersungguh-sungguh ingin memberikan jaminan perlindungan hak Konstitusional terhadap warga negaranya. Sejalan dengan itu, dibentuknya Mahkamah Konstitusi untuk mengawal perdamaian hak konstitusi nasional warga negara. Karena itu, dalam konteks ini Mahkamah Konsitusi bertugas untuk mengawal agar jaminan hak konstitusi warga negara dapat terjamin pelaksanaanya," tutupnya.  

Sementara itu, Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Amar Ahmad berharap dengan adanya acara ini, anak muda Indonesia yang menurut data tahun 2018 adalah pemilih remaja kurang lebih 10 juta orang. "Maka potensi untuk memberdayakan pemuda dalam mengembangkan potensi pemuda sangat besar. Karena itu kita dari Kemenpora tentu mengapresiasi acara yang dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi ini. Karena dengan sosialisasi konstitusi akan membuka kesadaran anak muda kita untuk tidak menjadi golput," ujarnya.  

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak kaum muda Indonesia untuk mendoakan kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018. "Saya juga mengajak anak muda untuk mendoakan pengelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018 agar sukses prnyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses administrasi," ujarnya.(p/ab)