KLB Hak Pemilik Suara Bukan Tim Transisi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Meski Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattaliti dalam status tersangka dan buron namun hak untuk menyuarakan pemilihan presiden baru untuk federasi sepak bola nasional ada di pemilik suara.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Tim Transisi, Gatot Dewa Broto, Senin (11/4/2016). Menurut Gatot, Tim Transisi tak bisa mendesakkan penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI seperti yang ramai dimediakan belakangan ini. 

Gatot menjelaskan, pemilik suara di KLB PSSI yaitu para anggota federasi nasional. Mereka terdiri dari Asosiasi Provinsi (Asprov) dan juga para klub, baik di tingkat Liga Utama (ISL) maupun di Level Kedua (Divisi Utama). 

"Kewenangan itu ada di voters (pemilik suara). Harus dari mereka. Karena itu (meminta KLB) hak mereka," ujarnya. 

Sebelumnya, Gatot pernah mengatakan, KLB PSSI sebetulnya menjadi salah satu target yang harus dilakukan agar pembekuan PSSI bisa dicabut. KLB tersebut, ada dalam kajian hukum Kemenpora terkait dengan rencana pencabutan SK 01307/2015 tentang Pembekuan PSSI. 

Namun, sampai hari ini rencana untuk menyelenggarakan pemilihan ketua umum baru itu, belum juga terlaksana.Seperti diketahui, Presiden PSSI, La Nyalla Mattaliti ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Jatim atas perkara korupsi dana hibah di Kamar Dagang dan Industri (KADIN). (ab)