Konser Mini Orkestra Bakal Tutup Perayaan 25 Tahun Sister City Jakarta-Berlin

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kedutaan Besar Jerman akan menyelenggarakan Acara Mini Concert Orchestra Maximilian & Philip bersama Canisius Wind Ensemble (CWE), Sabtu (14/12) nanti di Balai Agung, Balaikota Jakarta. Konser mini tersebut merupakan penutup rangkaian acara perayaan 25 tahun Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin, baik yang diselengggarakan di Jakarta maupun di Berlin. 

Kepala Subbagian Kerja Sama Sister City Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Yudi Hermawan menjelaskan, sejak 2018 serangkaian acara telah diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan hubungan kedua kota. Di antaranya, kegiatan coaching clinic for soccer di Stadion Soemantri Kuningan Jakarta Selatan, Pagelaran Seni Budaya Jakarta di Berlin, penempatan tenaga ahli Berlin di Pemprov DKI Jakarta selama 24 bulan (2019-2020), Berlin Soccer Tournament, Lokakarya Partisipasi Penyandang Disabilitas Jakarta-Berlin,

Ada pula Mural Persahabatan Jakarta-Berlin di Terowongan Kendal Dukuh Atas oleh seniman dan arsitek dari Berlin, Jesko Malkolm Johnsson Zahn serta seniman Darbotz, dengan sejumlah seniman Jakarta, Jakarta International Performing Arts 2019 di Monas, dan Jakarta Berlin Festival 2019 di Terowongan Kendal.   

"Selanjutnya, di Balaikota Jakarta  diselenggarakan lokakarya tentang Aplikasi Implementasi Pengendalian Banjir. Lokakarya itu mengundang narasumber dari Technichse Universitat (TU) Braunschweigh, Jerman," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Selasa (10/12). 

Sebagai penutup rangkaian acara perayaan pada tahun 2019 ini, Yudi menerangkan, konser mini akan menghadirkan 2 (dua) Musisi Muda dari Jerman, yaitu Maximillian Schauer, Direktur Zukemftsklang, dan Philip Jonas, Juara Pertama Kompetisi Liga Pemusik Muda Jerman (Kings of Classic), serta penampilan Canisius Wind Ensemble Jakarta. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan Ballerina muda, Angelina Natalie Halim yang baru saja memenangkan kompetisi balet di Korea Selatan. 

Dungkapkan Yudi, melalui penyelenggaran konser mini ini, Jakarta dan Berlin semakin meningkatkan kemitraan kedua kota yang dapat mempresentasikan keanekaragaman, semangat, toleransi, kedamaian, dan modernitas. Yudi pun menyampaikan, meskipun konser mini ini merupakan penutupan serangkaian acara perayaan HUT ke-25 Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin, namun kerja sama kedua kota masih akan terus berlanjut dan mencakup berbagai bidang kerja sama.   

"Semua tidak berhenti sampai di sini. Seperti misalnya, rencana kerja sama European Commission, Pemerintah Kota Berlin dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Proyek Smart Change, dalam Menguatkan Tata Kelola Kota, Kesejahteraan, dan Inovasi di Jakarta Tahun 2019 sampai dengan 2022 yaitu kerja sama dalam bidang smart city," pungkas Yudi.(p/ab)