Kosmik Unhas Gelar Sosialisasi Almamater buat Mahasiswa Baru

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Universitas Hasanuddin akan melaksanakan Forum Inisiasi Gerakan Unik dan Radikal (FIGUR) pada 11-13 Desember 2019 mendatang. Kegiatan yang bertempat di Asrama Haji Sudiang ini, merupakan  satu dari tiga tahapan sosialisasi almamater formal yang ada di Kosmik.

Kegiatan FIGUR 2019 mengusung tema “The Closer You Look, The More You See" yang artinya semakin dekat kamu melihat, semakin banyak makna yang akan kamu pahami. Tema ini berangkat dari sebuah fenomena yang sering kali kita terlalu cepat menyimpulkan sesuatu dan memandang hal tersebut terlalu sempit. Sehingga suatu hal yang seharusnya dapat kita lihat secara luas dan kaji lebih mendalam membuat kita terpaku hanya pada hal tersebut menjadikan kita kurang kritis dan kurang merespon ruang sosial saat ini. 

Muh. Furqon Al Ihzam Atjo selaku ketua panitia FIGUR 2019 juga menuturkan bahwa FIGUR merupakan wadah belajar bagi mahasiswa baru untuk mengidentifikasi potensi-potensi yang dimilikinya.

“Adapun konsep yang dihadirkan oleh panitia FIGUR tahun ini yaitu Literasi Digital, yang mana konsep ini berangkat dari pembacaan keadaan hari ini, dan diharapkan mahasiswa baru mampu memenuhi tantangan zaman yaitu digityalisasi, kebutuhan mereka terhadap keilmuan komunikasi, berpikir kritis, dan pemahaman akan lingkungan sosial. Dalam kegiatan ini materi-materi yang akan dibahas nantinya adalah materi Kepemimpinan, Media Studies, Cultural Studies, dan Dinamika Kelompok. Terakhir, harapan saya untuk FIGUR kali ini yaitu peserta nantinya mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang diperoleh ke lingkup sosial dan lebih kritis melihat realitas sekarang,” tuturnya. 

Salah satu rangkaian kegiatan FIGUR adalah Pra-FIGUR yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-27 November 2019 yaitu pemberian materi kepada mahasiswa baru sebagai landasan berfikir, diantaranya Logika (Logika sebagai Lentera Pengetahuan), Filsafat (Filsafat sebagai Ibu Ilmu Pengetahuan), Critical Thinking (Melihat Sebelum Percaya, Mendengar Sebelum Memahami), Psikologi Komunikasi (Membuka Diri, Memberi Kasih), Riset dan Advokasi (Eksplorasi Diri dalam Masyarakat), Kepenulisan (Menulis untuk Memahami), Metode Persidangan (Berembuk dalam Musyawarah), dan Teamwork Building (Bahu Membahu dalam Kebersamaan). 

Puncak dari kegiatan FIGUR adalah seremoni kegiatan pada tanggal 11-13 Desember 2019 yang di dalamnya juga terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya pemberian materi tentang Kepemimpinan, Media Studies, Cultural Studies, dan Dinamika Kelompok. Selain materi, para mahasiswa baru juga akan melaksanakan evaluasi data yang telah dikumpulkan sebelumnya melalui tahapan riset, kegiatan riset telah dilaksanakan setelah pemberian materi di tahapan PRA-FIGUR. Seremoni FIGUR kemudian akan berbentuk Latihan Kepemimpinan. 

Ketua Umum Kosmik periode 2019/2020, Taufik Syahrandi, menuturkan bahwa FIGUR hadir sebagai ruang belajar untuk dapat memaksimalkan potensi dalam setiap diri mahasiswa baru. 

“FIGUR hadir dengan mengupayakan perangkat berpikir yang baik dan ilmu pengetahuan kepada adik-adik sebagai landasan gerak kesehariannya dan sarana untuk menggali setiap potensi pada diri mereka. Selain itu, harapannya FIGUR dapat melatih kepekaan adik-adik terhadap isu sosial sebagai salah satu tanggung jawabnya sebagai mahasiswa," ujarnya. (nurul hidayah)