KTNA: Keberpihakan Pada Petani Itulah yang Membuat Amran Sulaiman Dicintai Petani

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kebijakan pro petani yang dijalankan Andi Amran Sulaiman selama masa lima tahun kepemimpinannya di Kementan mendapatkan pujian khusus dari salah satu tokoh tani nasional yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir.

Bahkan Winarno menyebutkan bahwa sejak awal Andi Amran Sulaiman terpilih sebagai Menteri Pertanian, dirinya meyakini sosok Amran akan membawa banyak perubahan yang revolusioner.

“Sejak awal Pak Amran menjadi Mentan, saya sudah prediksi Kementan pasti berubah. Saya hanya melihat beliau sebagai sosok yang memiliki tekad dan keinginan keras, serta sangat memerhatikan kepentingan petani,” sebut Winarno saat menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pekan Nasional Petani Nelayan XVI Tahun 2020.

Perhatian terhadap kepentingan petani tersebut, kata Winarno ditunjukkan dengan kebijakan pro petani, seperti pemberian bantuan pupuk, benih unggul, serta alat mesin dan pertanian. Pemberian bantuan ini secara signifikan mengurangi beban produksi petani.

Senada dengan itu, Ketua Pinsar Indonesia Hartinot menilai kebijakan Amran Sulaiman selama menjabat Mentan memberi angin segar melalui berbagai terobosan jitunya.

“Buat peternak, walau pun krisis kali ini demikian luar biasa. Tapi untungnya Pak Amran sudah memberi jalan keluar. Ini yang sangat membanggakan bagi kami”, ujarnya. 

Demikian pula yang dikatakan oleh Ketua Komite II DPD RI M. Aji Mirza Wardana yang mengagumi cara kepemimpinan Amran Sulaiman.

“Kepemimpinan Pak Amran diakui banyak membawa perubahan. Mulai dari sudah banyak yang swasembada komoditas pertanian dan bahkan mampu melakukan ekspor”, ujarnya. (b/ma)