Kukuhkan Paskibra HUT ke-74 RI di Tembagapura, Menteri Jonan: Di Indonesia Tidak Ada Ideologi Lain Selain Pancasila

By Abdi Satria


nusakini.com-Mimika-Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghargai adanya perbedaan. Jonan Juga menegaskan bahwa di Indonesia tidak ada ideologi lain selain Pancasila. 

Hal ini diungkapkan Jonan saat memberikan arahan di acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskriba) dan Penandatanganan Naskah Upacara Bendera di Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat (16/8). 

"Kita tetap satu Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Kita memang berbeda-beda, dari suku, kepercayaan, agama, dan tradisi. Tapi itu adalah kekayaan Indonesia, beragam, ber-bhinneka, jadi jangan dipertentangkan," ujar Jonan 

"Kita juga harus memegang satu hal, yaitu Pancasila. Ideologi kita cuma satu, ideologi bangsa Indonesia itu Pancasila," lanjut Jonan. 

Sementara, Presiden Direktur PT FI Tony Wenas yang hadir dalam acara ini juga turut menguatkan pernyataan Jonan terkait pentingnya semangat persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

"Jadilah pengibar merah putih di setiap kehidupan kita. Merah berarti berani membela yang benar dan putih berarti mampu memperjuangkan keadilan sosial. Mari menjadi pengibar merah putih di dada masing-masing," ujar Tony. 

Petugas Paskriba yang dikukuhkan hari ini akan bertugas menjadi petugas upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tembagapura, Sabtu (17/8) esok, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Menteri ESDM. 

Petugas Paskriba yang berjumlah 63 orang ini berasal dari seluruh wilayah Tembagapura. Tim Paskriba telah berlatih selama 23 hari dan telah mengikuti berbagai latihan persiapan pengibaran bendera, seperti baris-berbaris hingga latihan kedisiplinan.(p/ab)