Makan Malam Bersama Stakeholder Olahraga dan Pemuda Maluku, Menpora: Pembinaan Fokus yang Potensial

By Abdi Satria


nusakini.com-Ambon-Menpora Zainudin Amali menghadiri acara makan malam yang diadakan oleh Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, di Rumah Dinas, Kota Ambon, Maluku, Rabu (5/2) malam. Dalam kesempatan tersebut hadir para stakeholder pemuda dan olahraga, yaitu para pimpinan OKP serta dari KONIDA dan pimpinan cabor. 

  Untuk para pemuda, Menpora pesankan bahwa kedepan tantangan makin berat. Kemajuan teknologi informasi dan Revolusi Industri 4.0 berjalan begitu cepat yang bisa melindas siapapun jika tidak mempersiapkan diri dengan baik.

"Kita ketahui bersama bonus demografi akan menghampiri kita, kaum millenial harus kreatif, inovatif, dan berdaya saing, karena pesaing bukan saja lulusan lokal tapi juga akan menghadapi lulusan luar negeri. Lengkapi pula dengan penguatan ideologi agar kemajuan apapun yang diraih tidak melupakan akar budaya bangsa, contohlah Jepang," kata Menpora saat sambutan jelang ramah tamah. 

  Adapun untuk para penggiat, dan pemerhati olahraga, khususnya di Maluku hendaknya beranjak dari kilas balik bahwa di masa lampau adalah gudangnya atlet dan penyumbang atlet-atlet nasional. "Realita saat ini banyak atlet-atlet berdarah Maluku di kancah nasional," tambah Menpora. 

  Oleh karenanya langkah yang harus diambil adalah pembinaan fokus pada cabor tertentu yang potensial. Sulit untuk mengurus semuanya, lebih baik sedikit tetapi terkonsentrasi."Sulit kalau kita mau urus semuanya, fokus yang potensial, seperti di Maluku ini banyak talenta-talenta tinju, di kelas-kelas bawah sangat cocok dikembangkan, kita mampu mengimbangi pesaing-pesaing luar negeri," tutupnya. (p/ab)