Menag Kunjungi Pesantren Ulama Aceh Sunan Bejagung

By Abdi Satria


nusakini.com-Tuban- Menteri Agama Fachrul Razi mengunjungi Pondok Pesantren Sunan Bejagung dan berziarah ke makam Sunan Bonang di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. 

Dalam lawatan kunjungan kerja ke negeri berjuluk Bumi Wali itu, Menag didampingi Kakanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi, Sesditjen Pendis Imam Safei, Staf Khusus Menag Ubaidilah dan Sesmen Khoirul Huda Basyir. 

Di Pondok Pesantren Sunan Bejagung, Menag disambut oleh Pengasuh Pesantren KH Abdul Matin Djawahir dan ratusan santri yang sudah menunggu Menag di pendopo pesantren. Keakraban pun terjalin antar Menag dengan KH Abdul Matin. Dari pembicaraan keduanya terbuka lah cerita bahwa Sunan Bejagung berasal dari Aceh seperti disampaikan KH Abdul Matin. 

"Sunan Bejagung merupakan ulama asli Aceh. Sementara menantu Sunan Bejagung pernah menjadi Menteri Agama pada zaman kerajaan Majapahit," kata KH Abdul Matin. 

"Atas nama keluarga besar Pondok Pesantren Sunan Bejagung, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Menteri. Dan hari ini kami nyatakan bahwa Bapak Menteri sudah menjadi bagian keluarga besar Pondok Pesantren Sunan Bejagung," sambungnya. 

Menag di hadapan ratusan santri PP Sunan Bejagung menyatakan santri adalah calon pemimpin masa depan yang memiliki iman takwa, cerdas dan memiliki rasa cinta kepada tanah air. "Ciri ilmu orang beragama tinggi itu adalah memilih akhlak yang baik. Jadilah santri yang baik, cerdas dan amanah," pesan Menag kepada para santri. 

Di penghujung gelaran silaturahim bersama sesepuh dan santri PP Sunan Bejagung, Menag menyerahkan bantuan atas nama Kementerian Agama sebesar Rp150 juta untuk pondok pesantren Sunan Bejagung. Bantuan tersebut diterima oleh KH Abdul Matin disaksikan para santri. 

Menag juga menandatangani prasasti pembangunan Musholla di lingkungan PP Sunan Bejagung yang diberi nama Musholla Pendopo Soko Songo. 

Usai dari PP Sunan Bejagung, Menag dan rombongan melanjutkan agenda di Tuban dengan melakukan ziarah ke Makam Sunan Bonang yang masih berada tak jauh dari komplek Masjid Agung Tuban. (p/ab)