Menebak Masa Depan Philippe Coutinho

By ommed


nusakini.com - Masa depan gelandang serang Philippe Coutinho sampai saat ini belum juga menemui titik terang. Belum ada kepastian, apakah dia akan kembali ke Barcelona atau dibeli permanen Bayern Munchen.

Philippe Coutinho dihadapkan pada situasi yang sulit pada awal musim 2019/2020. Dia kehilangan dukungan dari para pemain kunci Barcelona seperti Lionel Messi dan Luis Suarez untuk tetap berada di klub.
Pemain asal Brasil tersebut tidak mampu tampil impresif selama satu setengah musim bermukim di Camp Nou. Kedatangan Antoine Griezmann pun membuat situasi makin pelik karena Barcelona punya banyak opsi.

Di Barcelona, Philippe Coutinho lebih sering bermain sebagai penyerang sayap [dalam formasi 4-3-3] ketimbang sebagai gelandang serang. Griezmann, dan juga Ousmane Dembele, membuatnya sulit mendapat tempat di skuad utama.
Barcelona meminjamkan Philippe Coutinho ke Bayern Munchen dengan durasi satu musim penuh. Masa peminjaman pemain berusia 27 tahun tersebut baru akan berakhir pada Juni 2020. Tidak ada klausul pembelian permanen pada kesempatan kedua klub.

Dikutip dari Sport, Barcelona kini punya dua rencana untuk Philippe Coutinho. Kedua rencana tersebut mengarah pada upaya pemulangan eks pemain Liverpool ke Camp Nou.
Rencana pertama, Philippe Coutinho akan dipulangkan dan diberi kesempatan bersaing. Situasi di Barcelona kini telah berubah. Quique Setien menjadi pelatih, menggantikan Ernesto Valverde. Lalu, Ousmane Dembele mengalami cedera parah dan butuh waktu lama untuk sembuh.

Rencana kedua, Barcelona juga akan membawa pulang Philippe Coutinho. Akan tetapi, sang pemain bakal kembali dilepas jika Barcelona ingin melakukan transfer besar. Dengan menyertakan Coutinho pada kesepakatan transfer, Barcelona bisa mengeluarkan uang lebih sedikit.
Bayern Munchen sampai saat ini belum menunjukkan gelagat ini membeli Coutinho secara permanen. Situasi yang kini terjadi, agak mirip dengan kasus peminjaman James Rodriguez dari Real Madrid ke Bayern. Tidak ada pembelian permanen di akhir masa peminjaman.

Coutinho tidak tampil buruk bersama Bayern Munchen. Dia telah memainkan 31 laga di semua kompetisi, dengan sembilan gol dan delapan assist. Akan tetapi, Coutinho tidak selalu menjadi pemain inti.
Namun, Coutinho harus bersaing ketat dengan Thomas Muller untuk mendapat tempat inti sebagai gelandang serang. Performa Thomas Muller kini sedang bagus-bagusnya dan Bayern nampaknya akan lebihnya dibanding Coutinho. (b/om)