Mengintip Legenda Juventus dalam Bentuk Koin

By Admin


nusakini.com - Salah satu legenda Juventus, Pavel Nedved, diabadikan dalam bentuk koin oleh negara asalnya, Republik Ceko. Hal itu sebagai bentuk dari penghargaan kepada dirinya karena telah mengharumkan nama Republik Ceko pada era 90an.

Salah satunya adalah saat generasi emas Republik Ceko berhasil mencapai fase final dalam kompetisi Piala Eropa 1996. Ceko yang kala itu dihiasi oleh nama-nama beken, seperti Vladimir Smicer, Pavel Kuka, Patrick Berger, Radoslav Latal, Karel Poborsky, hingga Pavel Nedved sendiri secara mengejutkan mampu mencapai fase final Piala Eropa 1996.

Walau berujung dengan kekalahan 2-1 atas Jerman, namun sejak saat itu sepakbola Republik Ceko mulai dikenal oleh pencinta sepakbola dunia. Tak heran, Nedved yang kala itu memiliki peran penting dalam sepakbola Timnas Ceko, diberi penghormatan dengan wajahnya yang diabadikan dalam bentuk koin.

“Aneh, melihat diri kita sendiri berada di dalam koin. Namun, ini adalah bentuk penghormatan terhadap diri saya, dan membuat saya bangga,” ucapnnya dikutip Radio Prague.

Koin tersebut nantinya akan digunakan sebagai kepentingan komersial, yang akan dijual kepada para peminat. Hasil dari penjualan tersebut digunakan untuk membantu yayasan bernama Yayasan Sepakbola Internasional, yang dipimpin oleh Panenka.

Dengan diabadikannya wajah Nedved dalam bentuk koin, maka dirinya bergabung bersama dengan beberapa legenda Republik Ceko lainnya, seperti Ivo Viktor, Jan Lala, Karol Dobias, Miroslav Kadlec, Josef Masopust, Karel Poborsky, Antonín Panenka, Josef Kadraba dan Zdenek Nehoda. 

Dalam koin itu sendiri, terdapat dua gambar berbeda dalam dua sisi koin. Satu sisi berisikan wajah Nedved, di mana satu sisi lainnya bergambarkan wajah Ratu Elisabeth, yang membuka Piala Eropa pada tahun 1996 silam. (is/om)