Menkeu Berikan Apresiasi pada Polri sebagai Institusi yang Miliki Upaya Reformasi Luar Biasa

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai institusi besar yang memiliki upaya reformasi secara luar biasa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangannya selama 6 kali berturut-turut. Oleh karena itu, Menkeu mengapresiasi seluruh kepemimpinan Polri atas komitmen yang tidak berubah. 

Hal tersebut disampaikan Menkeu dalam sambutan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Gabungan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang), Pusat Keuangan (Puskeu), Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) dan Pusat Sejarah (Pusjarah) Polri Tahun Anggaran 2020 dengan tema Siap Mendukung Pengamanan Pilkada Serentak dan PON XX Tahun 2020 Untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri Guna Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju.  

"Itu luar biasa. Artinya pertama kali mindsetnya sudah tahu, ini jaman berubah, kita harus berubah dan kemudian mewujudkannya didalam tingkah laku dan sikap dan menghasilkan sesuatu yang diaudit secara independen 6 tahun dan tetap terjaga dan dijaga itu luar biasa," ujar Menkeu pada Kamis (20/02) bertempat di Auditorium Perguruan Tinggi Kepolisian Indonesia (PTIK) Jakarta. 

Menkeu menambahkan bahwa birokrasi dan seluruh instansi publik yang melayani dan memiliki sifat profesional, akuntabel, kompetensi adalah tiang negara yang tidak terhingga nilainya. Itu adalah penjaga negara yang membangun serta menumbuhkan Republik Indonesia. Hal tersebut dapat terwujud berkat kualitas kepemimpinan untuk bisa menjalankan misi dan setia, loyal pada tujuan bernegara dan mampu menahan diri terhadap berbagai godaan yang muncul dari kesempatan-kesempatan yang ada. 

"Sekali lagi, saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kepolisian Republik Indonesia yang saya tahu tidak mudah, sama seperti saya memimpin Kementerian Keuangan. Seluruh jajarannya sampai di pelosok sama seperti jajaran saya diseluruh Republik Indonesia. Godaan itu datang setiap hari namun kita menempuh jalan yang sulit dan sunyi karena jalan yang sulit dan sunyi itu adalah jalan menahan diri dan memperbaiki institusi kita. Sehingga dia betul-betul menjadi institusi yang well govern, yang tertata dengan baik, yang mampu menghasilkan institusi yang mampu menjalankan misinya dengan integritas dan profesionalitas. Ini proses panjang namun Kepolisian Republik Indonesia memulai daei awal dan tetap komit. Luar biasa!" pungkas Menkeu. 

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut Menkeu mendapatkan penghargaan Kehormatan Kedokteran Kepolisian yang diserahkan langsung oleh Kapolri. Penganugerahan Wing Kehormatan Kualifikasi Kedokteran Kepolisian Tahun 2020 dengan tujuan menumbuhkan rasa kebanggaan dan tanggung jawab untuk personil non Polri yang turut mengembangkan Kedokteran Kepolisian sebagai salah satu unsur dari Kedokteran Kesehatan Polri. (p/ab)