Menkeu Paparkan Pentingnya Reformasi Struktural

By Admin


nusakini.com-- Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menjadi salah satu panelis pada seminar yang bertajuk Structural Reforms: Pathways to Sustained Growth yang diadakan Asian Development Bank (ADB), Rabu (4/5/2016) Dalam seminar tersebut, Menkeu memaparkan pentingnya reformasi struktural dalam perekonomian, dalam hal ini untuk mengubah arah ekonomi Indonesia yang sebelumnya terfokus pada komoditas.

“Saat terjadi booming-nya harga komoditas, semua orang melupakan reformasi struktural yang sedang berjalan,” katanya. Salah satu prioritas adalah reformasi anggaran, untuk dapat menciptakan ruang fiskal yang lebih luas dan meningkatkan kualitas belanja. 

Perihal reformasi tersebut juga pernah dipaparkan oleh Menkeu saat pertemuan G20 di Washington D.C beberapa waktu lalu. Menkeu menyebutkan kebijakan dalam hal reformasi struktural yang dilakukan Indonesia adalah dengan berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut dikombinasikan dengan kebijakan bidang fiskal dan moneter telah membantu perekonomian Indonesia terjaga di 2015, dalam hal inflasi, defisit serta pertumbuhan. 

Dalam rangkaian pertemuan tahunan ADB, Presiden ADB Takehiko Nakao juga menekankan kepada negara-negara Asia untuk dapat mengelola kebijakan makroekonomi yang sehat, berinvestasi lebih pada infrastruktur, SDM dan teknologi, mengembangkan pasar keuangan yang efisien, serta menjaga iklim investasi. (p/ab)