Menpora Harap Popnas Jadi Ajang Pembinaan untuk Hasilkan Atlet Berprestasi di Kancah Internasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap Pekan Olahraga Palajar Nasional (Popnas) XV/2019 bisa menghasilkan atlet berprestasi bagi Indonesia dimasa mendatang. Event ini dinilai sangat tepat bagi para atlet pelajar untuk bisa menunjukkan kebolehannya. Hal itu dikatakan Menpora Zainudin ketika membuka Popnas di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam.  

  “Saya harap pelaksanaan ini sebagai ajang atlet muda bisa berpestasi, menghasilkan atlet yang berprestasi ditingkat regional, nasional, maupun tingkat yang lebih tinggi. Untuk pemerintah kabupaten/kota, supaya memberikan peluang dan ruang kepada para pelajar untuk bisa mengasah bakat mereka dibidang olahraga,” kata Menpora.  

  Menpora juga ingin, atlet pelajar yang ikut meramaikan Popnas ini suatu saat bisa mengharumkan nama bangsa lewat prestasi yang ditorehkan. Nilai sportivitas diingatkan agat selalu dijunjung tinggi.  

  “Pembinaan atlet harus dilakukan dengan baik. Jangan terhenti sampai di Popnas, harus terus latihan dan ikuti kejuaraan yang ada. Kita akan memantau perkembangan atlet sehingga Popnas ini nantinya ada hasilnya. Atlet Popnas harus terbina dengan baik,” jelas Menpora. 

  Seperti diketahui, Popnas 2019 kali ini berlangsung hingga 25 November. Event ini diikuti 3.653 orang dengan rincian 2.631 atlet, 667 pelatih, dan 355 ofisial. Adapun event ini mempertandingkan sebanyak 13 cabang olahraga. Diantaranya; atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat. (p/ab)