Menpora Ingin Angkat Nilai Kearifan Lokal Budaya Daerah dengan Olahraga

By Admin

nusakini.com--Menpora Imam Nahrawi bersama Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenpora Shobibah Rohmah membuka Lomba Senam Kreasi Daerah, di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/4). Kegiatan ini merupakan untuk memperingati Hari Kartini 2018 serta menggaungkan Ayo Olahraga.  

  Selain membudayakan dan memasyarakatkan olahraga ada sisi kearifan lokal yang diangkat agar generasi penerus tetap mengenal keanekaragaman budaya nusantara yang luar biasa."Ini dalam rangka Hari Kartini dan Dharma Wanita melaksanakan lomba senam kresasi daerah yang didasarkan kepada kekayaan kultur budaya yang kita miliki. Kita akan melihat keanekaragaman budaya yang menjadi kedigjayaan dunia dan masyarakat dunia harus menikmati," ucap Menpora mengawali sambutannya. 

  Setiap usaha mengangkat nilai-nilai kearifan lokal budaya daerah, pemerintah akan terus fasilitas, karena dengan demikian diharapkan ada pergeseran kembali dari anak-anak generasi kita kembali mengenali keagungan budaya sendiri yang justru bisa jadi lebih anggun dan lebih unggul dibanding budaya negara manapun. 

  Pemerintah terus mendorong setiap kegiatan yang mengangkat khazanah kebudayaan ini betul-betul terfasilitasi dengan baik dan generasi muda kembali dapat mengenali budayanya dengan baik."Saya berharap acara ini tidak berhenti disini, Dharma Wanita harus menyebarkan virus positif ini kepada semua kementerian, kepada semua masyarakat, ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk edukasi kepada anak-anak kita sehingga dengan cara ini sedikit demi sedikit akan bergeser ke pemahaman keanekaragaman kultur budaya yang kita miliki," tambah Menpora.  

  "Selamat Hari Kartini, selamat bertanding, berikan yang terbaik. Kalah menang itu biasa, yang luar biasa kita tetap kreatif, inovatif, dalam situasi dan keadaan apapun, semoga kita semua sehat walafiat," tutupnya. 

  Sebagaimana laporan Ketua Panitia Titin Isnanta, lomba ini diikuti oleh perwakilan kedeputian dan kesekretariatan serta 31 group dari kalangan pelajar, komunitas, dan sanggar senam dari berbagai daerah, yaitu dari Bengkulu, Yogyakarta, Papua, Sumatera Utara, Banten, Karawang, dan DKI Jakarta.  

  Hadir dalam acara pembukaan, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, sejumlah Staf Ahli, Asdep, Sesdep, Karo, Kabid/Kabag, dan Kasubbid/Kasubbag. (p/ab)