Menpora Menerima Dubes RI untuk Mexico Bahas Kerjasama Dibidang Olahraga

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menpora Zainudin Amali menerima Dubes RI untuk Mexico Cheppy T. Wartono di ruang kerjanya, Kemenpora, Jakarta, Selasa (14/1. Pertemuan tersebut membahas kerjasama dibidang olahraga antara Indonesia dengan Mexico. Cheppy menyampaikan keinginan pemerintah Mexico untuk menjalin kerjasama dibidang olahraga. 

"Kami datang kemari ingin menyampaikan keinginan pemerintah Mexico untuk menjalin kerjasama di bidang olahraga terutama di bidang sepakbola dan tinju yang menjadi kekuatan di Mexico. Dan kami berharap dapat disambut dengan baik oleh Pak Menpora," jelasnya.  

"Selain sepakbola dan tinju, pihak Mexico juga mengharapkan ada kerjasama di cabor bulutangkis dan pencaksilat. Khusus untuk sepakbola dan tinju sudah pernah diusulkan untuk melakukan MoU oleh Mexico sejak tiga tahun yang lalu dan tahun ini kita harapkan bisa direalisasikan oleh kedua negara," tambahnya.  

Terkait bantuan Mexico untuk persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021, Cheppy mengatakan bahwa Federasi Sepakbila Mexico akan membantu dalam hal apapun. "Saya sudah bertemu dengan Federasi Sepakbola Mexico, mereka akan membantu Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-20 tahun 2021. Dan Mexico siap membantu dalam hal apapun di sepakbola," jelasnya.  

Menanggapi hal tersebut, Menpora menyambut baik kerjasama ini. Ia juga mendorong cabor tinju dan sepakbola untuk lebih baik lagi ke depan agar dua cabor ini bisa ikut di Olimpiade. “Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Dubes yang sudah mengunjungi kantor kami. Satu hal yang sangat luar biasa yang disampaikan Pak Dubes ada potensi yang bisa kita kerjasamakan di bidang olahraga. Dua cabor ini menjadi olahraga yang akan kita dorong ke depan, karena kita berharap cabor tinju dan sepakbola kita bisa ikut di Olimpiade," ucap Menpora.  

Untuk sepakbola, lanjutnya, banyak potensi yang kita bisa kerjasama terutama dalam hal pengelolaan sepakbola dan membangun ekosistem sepakbola. "Pengelolaan sepakbola di Mexico ini sangat baik dan saya kira sesuatu yang baik perlu untuk kita tiru," jelasnya. (p/ab)