Meski Gagal ke Final Piala Asia U-23, Nana Optimistis Garuda Muda Kembali Bangkit

By Admin

nusakini.com, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar nonton bareng (nobar) laga semifinal AFC Asian Cup 2024 Indonesia vs Uzbekistan, di Grhadhika Bhakti Praja, Senin (29/4/2024) malam. Meski Timnas Indonesia gagal melaju ke final Piala Asia U-23 karena kalah dengan skor 2-0, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana optimistis Garuda Muda akan kembali bangkit.

“Memang kalah, tapi itulah sepak bola, ada kalah, ada menang. Ke depan, kita yakin akan bangkit kembali,” kata Nana, memberi semangat Timnas Indonesia di lokasi nobar.

Ia menilai, hasil pertandingan memang membuat kecewa masyarakat. Apalagi gol yang tadi dianulir wasit setelah mempertimbangkan VAR, sempat menurunkan semangat pemain. Penganuliran gol dari M Ferarri di menit ke-61, juga membuat kecewa penonton Indonesia.

Meski kalah, Nana menyatakan, penampilan Timnas Indonesia sejauh ini luar biasa, karena berhasil mengalahkan tim besar macam Yordania dan Korea Selatan. Tentu saja, hal itu telah membuat bangga publik pecinta sepakbola Indonesia.

Nana mengatakan, pihaknya memang memfasilitasi kegiatan nobar, sebagai bentuk mewadahi keinginan masyarakat yang ingin mendukung tim kesayangannya tampil.

Kegiatan nobar dihadiri sekitar 930 orang, yang tidak hanya memenuhi tempat lesehan di lantai 2, tapi juga di lantai 1, yang telah dilengkapi dua layar tambahan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kemeriahan amat terasa karena para penonton terus berteriak sepanjang pertandingan. Mereka meneriakkan yel-yel dan nyanyian, untuk memberikan dukungan kepada timnas.

“Saya lihat tadi cukup banyak yang datang. Ini untuk mewadahi. Kenapa di dalam (dalam gedung)? Kalau di luar hujan. Jadi kalau hujan, tidak usah pindah. Harapannya demikian,” ungkap Pj gubernur.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga termasuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin memberikan dukungannya, mengingat timnas adalah kesebelasan kebanggaan, yang saat ini prestasinya makin bagus.

“Selama ini di tingkat ASEAN saja agak sulit. Tapi saat ini berkat kerja keras, pelatih bagus, prestasinya kian bagus, dan sudah bisa sentuh semifinal,” ujar Nana, memuji kehebatan Timnas Indonesia.

Ia mengingat, saat pertandingan sebelumnya melawan Korea Selatan, Tim Indonesia kerap dikalahkan. Namun, dalam Piala Asia U-23 ini, Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan. Jelas, ini adalah prestasi luar biasa.

“Kita berdoa untuk beri semangat kepada Timnas Indonesia. Hidup Indonesia. Semoga bisa lebih membanggakan lagi,” harap Nana, mewakili doa masyarakat.

Dalam Timnas, kata Nana, ada tiga pemain asal Jateng yaitu Arhan Pratama, Ernando, dan Rio Fahmi. Ketiganya berhasil tampil memukau membawa Indonesia hingga melangkah semifinal.

Nana juga beberapa kali menyapa penonton dengan memberikan kuis dengan doorprize menarik yang telah disediakan panitia, seperti sepeda, televisi, dan doorprize menarik lain.

Yuniarsih, warga Sampangan, senang sekali bisa ikut nobar di Grhadhika Bhakti Praja, bersama anaknya Bima. Tidak hanya menikmati fasilitas yang nyaman, dia juga senang dapat doorprize televisi.

“Enak, adem, dapat snack lagi. Alhamdulillah dapat doorprize TV. Sampai gemetar saya, karena TV di rumah pas rusak,” ungkapnya. (pr/jt)