Pameran Agribisnis Pekan Nasional XV 2017 Bakal Dilangsungkan di Aceh

By Admin


nusakini.com - Pekan Nasional (PENAS) Petani dan Nelayan XV 2017 yang merupakan wadah pertemuan berbagai kelompok petani, nelayan serta pemerintah bakal kembali digelar pada 6-11 Mei 2017 mendatang di kota Banda Aceh Provinsi Aceh.

Pekan Nasional yang juga berisi gelaran pameran agribisnis ini rencananya bakal dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Penas kali ini mengusung tema “Melalui PENAS Petani dan Nelayan XV 2017 kita mantapkan kelembagaan tani nelaya dan petani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan Indonesia”.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Pending Dadi Permana pada rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan PENAS ini mengatakan, kegiatan ini merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak tahun 1971 serta menjadi bagian yang sangat strategis dalam upaya membangun kesepaham diantara berbagai stakeholder sektor pertanian maupun perikanan.

“Kegiatan ini adalah wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antarapetani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah”, ujarnya.

Diharapkan, dari kegiatan PENAS XV 2017 ini, gairah sektor pertanian mampu semakin membangkitkan semangat menuju kemandirian, ketahanan serta kedaulatan pangan Indonesia. (p/mk)