Pegawai Sudinhub Jaksel Ikuti Bimtek Penataan Arsip

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 12 pegawai dari bagian tata usaha dan staf Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan mengikuti bimbinan teknis (Bimtek) penataan arsip. Kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman pegawai dalam pengarsipan.

Staf Seksi Kearsipan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Selatan, Suhaini mengatakan, pihaknya membantu unit kerja perangkat daerah (UKPD) lainnya untuk bisa mengelola bahan arsip dengan baik sesuai kode etiknya.

"Bimbingan ini mulai dari kode klasifikasi, pemilahan berkas dan dokumen surat secara bertahap dalam rangka menjalankan fungsi kearsipan. Khususnya, terhadap arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun," ujarnya di Kantor Sudinhub Jakarta Selatan, Jalan MT Haryono, Cikoko, Pancoran

Materi Bimtek yang diberikan antara lain; kebijakan kearsipan nasional terkait pengelolaan arsip inaktif, pengantar pengelolaan arsip inaktif, instrumen pengelolaan arsip inaktif, tata cara penyimpanan dan pemeliharaan arsip inaktif, jadwal retensi arsip (JRA) dan penyusutan arsip.

Ia menambahkan, Bimtek ini merupakan bagian dari pengembangan dan pemberdayaan aparatur negara khususnya SDM kearsipan sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kearsipan Daerah dan Pergub Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta.

"Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat melaksanakan pengelolaan kearsipan yang baik dalam rangka mewujudkan pelayanan masyarakat yang transparan dan akuntabel," tandasnya.