Perbedaan Sales Otomotif dan Perhotelan Menurut Sales Marketing Amaris Panakkukang

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Pernah menjadi sales di sebuah perusahaan otomotif,membuat Arini Putri Sales Marketing Amaris Panakkukang dapat merasakan perbedaannya langsung dengan pekerjaan yang di lakoninya saat ini.

Berdasarkan pengalamannya bekerja menjadi sales otomotif,Arini menceritakan dirinya harus berjuang sendiri untuk mencapai target penjualan. 

"Untuk bisa bertahan di pekerjaan tersebut saya harus selalu mencapai target,kalau di tempat saya bekerja sekarang tetap ada target hanya saja di kerjakan bersama tim.Apalagi kendaraan bukan produk yang harus di beli terus menerus,beda dengan perhotelan setiap orang mungkin saja menginap atau menyelenggarakan acara berkali-kali di hotel,Makanya kita dituntut punya hubungan baik dengan setiap tamu,"tutur Arini. 

Dalam mempromosikan produk di pekerjaannya dulu,Arini lebih banyak terjun ke lapangan dengan membagikan brosur di tempat umum. 

"Sekarang saya banyak datang ke kantor pemerintahan dan perusahaan untuk mempromosikan hotel kami." Cerita Arini. 

Namun Arini sadar tidak ada pekerjaan yang mudah,dirinya juga merasa beruntung bisa berada dalam lingkungan yang menerimanya dengan baik meski tidak punya latar pendidikan perhotelan. 

"Saya bersyukur punya pengalaman pertama bekerja di dunia perhotelan di Amaris Panakkukang.Semua orang disini menerima saya dengan baik,Saya sadar masih harus banyak belajar.Makanya saya sering 'kepo', karena banyak hal baru yang saya temui," Tutur Arini. 

Bahkan Arini sengaja tidak mengambil libur di akhir pekan,dirinya merasa perlu banyak membantu di hotel saat itu. 

"Biasanya di akhir pekan tamu banyak,beda dengan hari biasa.Saya memilih libur pada Rabu atau Kamis.Di hari biasa juga terkadang saya sengaja datang sangat awal dan pulang malam untuk membantu pekerjaan teman yang lain.Tidak masalah,karena saya memanfaatkan itu untuk belajar," Kata Arini.

Disinggung kemungkinan dirinya mendapat tawaran bekerja di hotel lain,Arini mengaku belum kepikiran untuk berpindah tempat bekerja. 

"Sebelum kesini saya pernah melamar di hotel lain,tapi langsung di tolak karena tidak punya latar pendidikan perhotelan.Saya mendengar banyak mantan Staff dan karyawan disini yang sudah menjadi Head Of Departemen (HOD) di beberapa hotel atau menjadi staff di hotel besar.Buat saya itu motivasi tersendiri, tapi saya belum kepikiran meninggalkan Amaris Panakkukang,"tutup Arini.(R/Rajendra)