Peringatan Haornas, Kemenpora Serukan Gerakan “Ayo Olah Raga”

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka memperingati Hari Olahrga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap 9 September, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak seluruh rakyat menggelorakan kembali gerakan ayo olah raga. 

Menurut Imam, adanya semangat berolahrga di seluruh lapisan masyarakat dapat menciptakan Indonesia yang sehat dan produktif. 

“Melalui peringatan Haornas ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat bisa bersatu padu dan bersinergi untuk menggelorakan kembali “Gerakan Ayo Olahraga” agar olahraga menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat di kota dan di desa,” kata Menpora di Jakarta, Jumat (9/9). 

Dia menambahkan, budaya berolahrga tidak tumbuh secara instan tetapi melalui proses berkesinambungan. Maka, dia meminta perlu adanya peran keluarga. 

“ Peran keluarga ini sangat penting untuk menumbuhkan budaya olahraga dimulai dari lingkungan yang kecil sampai lingkungan yang besar, dan ini dapat diterapkan dengan adanya pola aktivitas yang aktif dalam kehidupan sehari-hari.” ungkap Imam. 

Selain keluarga, Imam juga mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengedepankan pembinaan karakter yang positif, sehat, dan bebas doping. “Saya mengajak seluruh aparatur sipil yang mengurusi bidang olahraga di provinsi dan kabupaten/kota untuk menggelorakan dan menyemarakkan “Ayo Olahraga”.  

Menpora juga menambahkan perlu adanya pengembangan dan pembinaan olahragawan yang didukung dengan sarana seperti Sport Science. 

“Dengan diposisikannya olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup, secara tidak langsung akan membuka ruang yang luas bagi bermunculannya bibit-bibit potensial olahragawan yang berprestasi untuk selanjutnya dibina dan dikembangkan dengan dukungan Sport Science,” pesan Imam. 

Peringatan Puncak Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIII 2016 akan berlangsung meriah dan semarak. Diawali dengan arak-arakan atlet peraih medali dalam Olimpiade Rio 2016, tidak lupa aksi 300 pemanah sebagai prosesi puncak acara yang membidik satu sasaran yang sama untuk menyalakan api obor di kaldron stadion sebagai bentuk mulai digelorakannya lagi semangat Ayo Olahraga, sementara sebagai aksi hiburan juga ditampilkan juggling musikal bersama yang dilakukan oleh 1.000 pesepakbola usia muda dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.(p/ab)