Pesan Menkeu ke Eselon II dan III yang Baru: Anda yang Jadi Role Model 5 Nilai-Nilai Kemenkeu

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator yang baru di jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Aula Djuanda Gedung Djuanda I pada Senin (09/03).  

Menkeu mengingatkan bahwa jajaran pimpinan yang baru adalah replika dari kepemimpinan seluruh jajaran di Kementerian Keuangan. Sehingga syarat yang mutlak harus dipenuhi sebagai pimpinan di Kemenkeu pada unit, daerah, eselon I manapun yaitu mampu menjalankan 5 nilai-nilai dari Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan. 

"5 nilai tidak hanya kita hafalkan namun syarat yang harus Anda jalankan untuk menjadi pimpinan di dalam lingkungan Kementerian Keuangan. Saya berharap melalui proses talent pool atau Baperjakat, Anda adalah figur-figur yang tidak lagi menghafalkan dan menceramahi anak buah mengenai values tapi Anda melaksanakan sebagai role modelnya. Andalah yang menjadi role model dari anak buah Anda untuk menjalankan values tersebut," tegas Menkeu.  

Tugas baru ini merupakan tanda kepercayaan dari jajaran pimpinan Kemenkeu baik Menteri dan jajaran eselon I kepada para pejabat untuk menjadi pemimpin di lingkungan unit masing-masing. Suatu penilaian terhadap kualitas kepemimpinan dan kompetensi yang diharapkan dimiliki jajaran Kemenkeu dan integritas serta profesionalitas yang harus bisa ditunjukkan dalam tugas yang baru. 

"Kita semuanya tahu bahwa menjadi pemimpin di Kementerian Keuangan sebagai suatu institusi yang mengemban tugas sebagai bendahara negara pada hari ini bukanlah tugas yang mudah. (Menjadi) bendahara negara di mana keuangan negara akan terus dihadapkan kepada persoalan-persoalan ekonomi, sosial, politik, global, regional, nasional semuanya akan terus mempengaruhi kemampuan keuangan negara. Oleh karena itu, jabatan bendahara negara menjadi jabatan yang penuh tantangan," ucap Menkeu. 

Sebagai informasi, pelantikan tersebut tertuang pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 93/KMK01/UP11/2020 tentang mutasi dan pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Keuangan. Adapun pejabat eselon II yang baru dilantik di lingkungan Sekretariat Jenderal, yaitu Rahayu Puspasari sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (Biro KLI).  

Selanjutnya, di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), yaitu Lukman Effendi sebagai Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain, Joko Prihato sebagai Direktur Lelang, Ari Haryono sebagai Kepala Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu, Anugrah Komara sebagai Kepala Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara, serta Ekasari Sukadana sebagai Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. 

Selain enam pejabat eselon II, sebanyak 109 pejabat pejabat eselon III Kementerian Keuangan dilantik oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemenkeu Hadiyanto yang terdiri dari 108 pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan satu orang di lingkungan Sekretariat Jenderal. (p/ab)