Pesawat Fokker Pelita Air Berhasil Terjual Rp278 Juta

By Admin

nusakini.com--Pesawat terbang Fokker F-28 milik PT Pelita Air Service, yang beberapa waktu lalu masuk dalam rencana lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), berhasil terjual dengan harga sebesar Rp278 juta. Pesawat ini terjual setelah melalui proses lelang elektronik atau e-auction yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serpong. 

Menurut Kepala KPKNL Serpong Sri Handayani, lelang ini merupakan lelang sukarela oleh PT PAS. "Ini merupakan hasil kegiatan jemput bola yang baik. Implementasi nyata rapat kerja terbatas bidang lelang beberapa bulan lalu yang menempatkan KPKNL Serpong di komisi optimalisasi lelang sukarela," jelasnya seperti dilansir melalui laman DJKN pada Selasa (28/06). 

Saat ditawarkan, pesawat Fokker F-28 memiliki nilai limit atau nilai minimal penjualan sebesar Rp213 juta. Dengan hasil yang diperoleh, ketua tim penjualan aset PT PAS Sukendro menyampaikan apresiasi dan rasa puasnya dengan sistem lelang DJKN. Sementara itu untuk pesawat Fokker F-100 tidak ada yang mengajukan penawaran. Ke depan, baik DJKN dan PT PAS akan melanjutkan program penjualan aset melalui lelang. 

Sebagai informasi, e-auction adalah metode lelang yang dikembangkan Direktorat Lelang DJKN sejak 2014. Peserta lelang mengikuti setiap tahapan lelang secara elektronik di alamat www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id dan peserta lelang pun tidak diwajibkan hadir di tempat lelang. (p/ab)