Pria China Ini Diekstradisi dari Zambia ke Malawi atas Video Rasis

By Nad

nusakini.com - Internasional - Zambia telah mengekstradisi seorang pembuat film asal China ke negara tetangga Malawi untuk menghadapi tuduhan terkait rasisme dan eksploitasi anak.

Lu Ke adalah seorang penduduk Malawi ketika dia diekspos oleh BBC Africa Eye, yang melaporkan bahwa dia telah menggunakan anak-anak lokal untuk merekam video ucapan selamat yang dipersonalisasi, beberapa di antaranya berisi konten rasis.

Video tersebut dapat dibeli hingga $70 (Rp 1.04 juta) di media sosial dan platform internet China.

Lu Ke membantah membuat video yang menghina.

Dia mengatakan dia membuat video itu untuk menyebarkan budaya Tionghoa ke masyarakat setempat.

Lu Ke ditahan bulan lalu di Zambia dan didenda karena memasukinya secara ilegal.

Jaksa Agung Malawi Thabo Chakaka Nyirenda mengkonfirmasi bahwa pria itu telah diekstradisi. Dia menambahkan bahwa warga negara China itu akan muncul di pengadilan pada hari Senin (18/7) sesuai dengan prosedur setelah seseorang ditangkap.

Film dokumenter BBC Africa Eye menghasilkan janji dari China untuk memberantas rasisme online terhadap orang Afrika, South China Morning Post melaporkan.

Juga setelah film tersebut, platform media sosial yang populer di China mengambil langkah-langkah untuk mencegah peredaran jenis video dari Afrika yang disorot, menurut situs web Rest of World.

Dalam salah satu video yang difilmkan di Malawi dan dilihat oleh BBC, sekelompok anak-anak dipaksa untuk meneriakkan dalam bahasa Mandarin - "Saya monster hitam. IQ saya rendah", jelas tidak menyadari apa yang mereka katakan.

Saat difilmkan secara diam-diam oleh seorang jurnalis yang menyamar sebagai calon pembeli, Lu Ke mengaku kemudian langsung membantah telah membuat video tersebut.

Polisi Malawi meluncurkan penyelidikan pada bulan Juni tetapi tidak dapat menangkap pembuat film asal China itu karena ia tidak dapat ditemukan. Dia kemudian ditangkap di Zambia. (bbc/dd)