Rosberg Berjaya Di GP Rusia, Rio Kembali Gagal Finis

By Admin

nusakini.com--Nico Rosberg berjaya di m balapan F1 GP Rusia, Minggu (1/5/2016). Pebalap Mercedes itu menjadi juara dengan mendominasi lomba di Sochi Autodrom sejak start sampai finis. Nasib apes dialami Rio Haryanto karena kembali gagal finis. 

Start dari pole position, Rosberg langsung melesat dan tak pernah tersentuh pebalap lain. Pebalap asal Jerman itu menjadi yang pertama menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1 jam, 32 menit, 41,997 detik.

Rekan Rosberg, Lewis Hamilton, finis kedua dengan selisih 25,022 detik. Ini merupakan finis 1-2 ke-30 Mercedes di F1.

Bagi Rosberg, ini merupakan kemenangan keempat pada musim ini dan ketujuh secara beruntun. Dia menyamai rekor kemenangan beruntun milik Alberto Ascari dan Michael Schumacher.

Rosberg juga untuk pertama kali mencetak grand slam dengan merebut pole position, mencetakfastest lap, memimpin setiap lap, dan memenangi lomba. Rosberg membuat rekor lap Sirkuit Sochi pada lap ke-38 dengan catatan waktu 1 menit 39,616 detik.

Podium dilengkapi pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang finis ketiga. Pebalap asal Finlandia itu mempersembahkan podium ke-700 Tim Kuda Jingkrak sepanjang sejarah di lomba jet darat.

Duo Williams, Valtteri Bottas dan Felipe Massa, menempati posisi keempat dan kelima. McLaren mendapat hasil bagus karena kedua pebalapnya sukses meraih poin. Fernando Alonso finis di posisi keenam dan Jenson Button di peringkat ke-10.

Posisi 10 besar dilengkapi Kevin Magnussen (Renault), Romain Grosjean (Haas), dan Sergio Perez (Force India) yang masing-masing finis di posisi ketujuh, kedelapan, dan kesembilan.

Sementara itu, Rio tak dinaungi keberuntungan. Pebalap Manor Racing itu gagal finis untuk kedua kali setelah tertabrak Nico Hulkenberg (Force India) yang melintir pada tikungan kedua lap pertama. Rekan Rio, Pascal Wehrlein, finis di posisi ke-18.

Kemenangan pada F1 GP Rusia semakin memantapkan Nico Rosberg di puncak klasemen sementara F1 2016. Dia mengoleksi poin sempurna 100 dari empat balapan dan unggul 43 poin atas Hamilton. Rio Haryanto masih belum mendapat poin sama seperti lima pebalap lain. (ab)