Satgas TPB Karhutla DKI Resmi Akhiri Tugas di Provinsi Jambi

By Al


nusakini.com - Jakarta - Usai menjalankan misi kemanusiaan dan memberikan bantuan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi, Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas TPB Karhutla) hari ini akan kembali ke Ibukota.

Keberangkatan Satgas TPB Karhurla DKI Jakarta dilepas langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Jambi, Sudirman, di halaman Kantor Gubernur Jambi, Jalan Ahmad Yani, Telanaipura.

Dalam sambutannya, Sudirman menyampaikan apresiasinya setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait bantuan penanganan karhutla di Provinsi Jambi.

"Kepada Bapak Gubernur Anies Baswedan beserta jajaran, kami merespons baik bantuan yang diberikan. Ini sangat luar biasa, termasuk upaya pembuatan ruang sekolah aman asap dan rumah oksigen, kami merasa sangat terbantu sekali dengan kehadiran Satgas TPB Karhutla DKI," ujarnya

Sudirman menjelaskan, berkat upaya maksimal yang dilakukan seluruh personel di lapangan dibantu dengan turunnya hujan dalam beberapa hari ini, kondisi Provinsi Jambi semakin membaik seiring hanya tersisa dua hotspot di Kabupaten Muaro Jambi.

"Jika kedua hotspot tersebut tidak bisa diselesaikan pihaknya tidak akan ragu lagi untuk meminta bantuan kepada Pemprov DKI Jakarta. Allhmdulillah kawan-kawan dari DKI sudah memahami kondisi lahan gambut problemnya sangat serius," terangnya.

Ia menambahkan, di samping bantuan proses penanganan karhutla, pihaknya juga sangat mengapresiasi adanya pengarahan atau sosialisasi mengenai pembuatan ruang kelas aman asap yang diberikan oleh Satgas TPB Karhutla DKI kepada masyarakat setempat.

"Kami akan menganggarkan pembuatan ruang kelas aman asap di sekolah rawan karhutla. Selanjutnya, izinkan kami melepas bapak ibu sekalian, terima kasih, semoga selamat sampai tujuan," tandasnya.

Untuk diketahui, pelepasan Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta ditandai dengan saling bertukar cendera mata dan acara diakhiri dengan foto bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Muhammad Dianto.

Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta tiba di provinsi Jambi secara bertahap dengan perjalanan darat dan udara. Personel yang menempuh perjalanan darat bertugas membawa perlengkapan serta kendaraan operasional.