Sesmenpora Tegaskan POPNAS Penting untuk Jenjang Kompetisi Menuju Prestasi Dunia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menegaskan bahwa POPNAS itu penting sebagai jenjang kompetisi menuju prestasi dunia. Dalam POPNAS kali ini banyak potensi-potensi muda yang lahir, dan itu sangat diperlukan sebagai stok awal atlet-atlet nasional dikemudian hari. Tidak hanya di cabor panahan tetapi pada cabor-cabor yang lain juga akan tumbuh para atket-atlet muda yang membanggakan demi mewujudkan atlet-atlet nasional bermental pemenang karena sudah tertempa berbagai kompetisi sejak awal. 

  "Saya bersyukur ini kesempatan yang kedua saya ikut UPP penyerahan medali, yang pertama tempo hari di renang dan sekarang di panahan. Saya mendengar dari Pak Alman dan kawan-kawan PB Perpani, beliau-beliau merasa lega banyak potensi-potensi muda yang lahir dari POPNAS ini, bahkan tidak hanya di cabor panahan tetapi beberapa yang lain," ucap Sesmenpora di Lapangan Panahan Senayan, Jumat (22/11).

  Hal penting lagi yang ditekankan Sesmenpora adalah kontinyuitas waktu penyelenggaraan. Kondisi apapun, POPNAS harus terselenggara pada tahun yang sudah direncanakan, karena pengunduran waktu akan berpengaruh pada kondisi atlet yang berhubungan dengan usia. Maka langkah tepat bagi Kemenpora, POPNAS tetap terselenggara 2019 meskipun karena berbagai kendala tidak di Papua dan diadakan di Jakarta serta Jawa Barat. 

  "Ngototnya pemimpin terdahulu harus POPNAS di Jakarta ini sekarang dampaknya positif seperti ini. Coba kita bayangkan kalau POPNAS diundur 2020 atlet umurnya sudah jalan tidak lagi di usia POPNAS usia pelajar, yang rugi adalah kita semua. Jangan remehkan POPNAS, karena POPNAS akan melahirkan atlet-atlet top dunia," tegasnya.(p/ab)