Setara Digital Makassar Digital Valley Kembali Kemas Digital Workshop Untuk Teman Tuli

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar–Program Setara Digital Makassar Digital Valley kembali menghadirkan Workshop bersama Teman Tuli. Setara Digital merupakan program terbaru Makassar Digital Valley yang diperuntukkan bagi sahabat-sahabat disabilitas untuk bersama-sama berkontribusi dalam mengembangkan Industri Kreatif Digital di Kawasan Timur Indonesia. 

Workshop kali ini dikemas dalam Digital Workshop #3 yang bekerja sama dengan DPC Gerkatin Kota Makassar. Workshop ini dibawakan oleh Filemon Aloysius Limba yang juga Teman Tuli, Mahasiswa Politeknik Pariwisata Makassar dan Anggota DPC Gerkatin Kota Makassar berbagi seputar teknik membuat slide presentasi yang menarik. Workshop ini berlangsung pada hari Minggu, tanggal 08 Desember 2019, pukul 09.00-10.00 WITA dan bertempat di Gedung Makassar Digital Valley, Jl. A.P. Pettarani No.13.

"Tadi kami mengadakan workshop membuat presentasi dengan aplikasi Google Slide, aplikasi itu mirip dengan Power Point. Nah, dari pelatihan tersebut teman-teman belajar menggunakan Google Slide supaya nanti masing-masing bisa presentasi. Harapan saya Makassar Digital Valley bisa terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini", jelas Filemon Aloysius Limba, Pemateri pada Digital Workshop hari ini (08/12) melalui Juru Bahasa Isyarat.

Hal serupa diungkapkan oleh Naufal, mahasiswa Teknik Informatika STMIK Dipanegara yang merupakan salah satu peserta Digital Workshop hari ini, ia merasa senang bisa bertemu dengan Teman Tuli hari ini yang mana menambah wawasannya berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat karena sebelumnya ia belum pernah berkomunikasi dengan Teman Tuli, kata Naufal selepas workshop berlangsung (08/12).

General Manager Makassar Digital Valley, S. Ariyani mengungkapkan rangkaian kegiatan pembinaan dan pendampingan dalam program Setara Digital ini diharapkan akan lahir inovasi-inovasi digital tanpa batas persembahan dari sahabat-sahabat disabilitas.

"Dalam program ini juga kami memberikan peluang kepada sahabat-sahabat disabilitas untuk internship di Makassar Digital Valley dan fasilitas mentoring yang tentunya telah melewati tahapan-tahapan di program Setara Digital", tambah S. Ariyani, General Manager Makassar Digital Valley.

Adapun peserta yang hadir pada workshop hari ini yakni dari Teman Tuli, anggota GERKATIN Makassar dan juga Teman Dengar yang turut menyukseskan workshop hari ini sebagai Juru Bahasa Isyarat.(R/Rajendra)