Setelah Euro 2020, Copa America 2020 Juga Resmi Ditunda Hingga 2021

By ommed


nusakini.com - Beberapa jam sebelumnya, UEFA lebih dulu menangguhkan Euro 2020 hingga 2021. Copa America 2020 turut ditunda hingga 2021 imbas pademi virus corona.
Keputusan tersebut diambil oleh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) setelah berkoordinasi dengan UEFA pada Selasa (17/3).

Copa America 2021 dijadwalkan akan digelar pada 11 Juni—11 Juli dengan dua tuan rumah yang sama, Argentina dan Kolombia. Sedianya, turnamen tiga tahunan tersebut dilangsungkan pada 12 Juni—12 Juli 2020.

“Setelah analisis terperinci tentang situasi dunia dan merebaknya virus corona (COVID-19), lalu rekomendasi organisasi kesehatan internasional untuk mengambil tindakan pencegahan ekstrim, CONMEBOL mengumumkan penundaan Copa America edisi ke-47,” begitu bunyi pernyataan resmi CONMEBOL.

CONMEBOL menunda Copa America sekaligus untuk memberikan kesempatan kepada asosiasi sepakbola di Amerika Selatan untuk menyelesaikan kompetisi yang tertunda akibat virus corona.

"Tidak mudah mengambil keputusan ini, tetapi kami harus melindungi kesehatan setiap pemain dan semua yang menjadi bagian dari keluarga besar sepakbola Amerika Selatan,” tutur Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez.
“Jangan ragu, turnamen internasional tertua di dunia ini akan kembali dengan bertambah kuat pada tahun depan,” tambahnya.

Pada edisi kali ini, Argentina, Bolivia, Uruguay, Paraguay, Chili, dan Australia (tim undangan) tergabung di Grup A. Sementara Kolombia, Brasil, Venezuela, Ekuador, Peru, dan Qatar (tim undangan) berada di Grup B. (gi/om)