Tahun Depan PT Pelni Tambah Tiga Kapal Tol Laut

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Direktur Komersial PT Pelni Harry Boediarto mengungkapkan tahun depan bakal ada tambahan tiga kapal tol laut guna memperlancar arus barang dari Barat ke Timur Indonesia. Tujuannya agar disparitas harga di Barat dan Timur bisa diturunkan lagi.

Menurut Harry, kapal-kapal tersebut akan dibeli dengan penyertaan modal negara (PMN) 2015 senilai Rp500 miliar dengan kapasitas 350-500 TEUs. 

Terkait rute, dia mengatakan, belum ditentukan dan masih dalam pembahasan, namun yang terpenting menghubungkan sejumlah wilayah dengan daerah-daerah terpencil. 

Saat ini Pelni telah menjalankan empat rute tol laut dengan empat kapal dan tahun ini akan bertambah lagi dua kapal untuk dua rute. 

"Juni atau Juli ini dua kapal itu akan dikirim, ini nantinya akan seperti kapal perintis, tadinya hanya sedikit, sekarang sudah mencapai 96 trayek," kata Harry pada peluncuran Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut (Saimlala) di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (4/4/2016). 

Dia mengatakan terhitung per Maret 2016, distribusi pengiriman bahan pokok meningkat menjadi 60-80 kontainer, dibanding pada awal pengoperasian, Desember 2015-Januari 2016 hanya belasan kontainer. 

Harry menambahkan kondisi itu juga didorong oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan dan Peraturan Pemerintah Ketahanan Pangan, UU Pembangunan Daerah Tertinggal untuk mendistribusikan lebih banyak bahan pangan, seperti garam, rumput laut dan bahan-bahan turunan terigu yang sebelumnya tidak diperbolehkan. 

"Dari pelabuhan juga distribusinya langsung ke pusat pasar, jadi harganya bagus (rendah)," katanya. 

PT Pelni ditugaskan untuk menjalankan program tol laut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan mengatakan total kapal yang akan dijalankan untuk tol laut ada sembilan. (ab)