Tata Organisasi, Askot PSSI Gelar Workshop Verifikasi Berbasis IT

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Askot PSSI Makassar menggelar workshop verifikasi berbasis IT dan penggunaan aplikasi registrasi SSB/Klub anggota di Hotel Lynt, Rabu (10/11/2021). Dalam pidato sambutannya, Plt Askot PSSI Makassar, Ahmad Susanto mengungkapkan kegiatan ini ditujukan untuk menata organisasi terkait pembinaan dan prestasi anggota. "Harapannya ke depan, tak ada lagi sengketa atau perdebatan antara SSB/klub anggota karena datanya sudah tersimpan di aplikasi dan bisa diakses semua pihak," ujar Ahmad Susanto.

Pada kesempatan itu, Ahmad Susanto kembali menegaskan, anggota yang terdaftar akan menjalani verifikasi data dan faktual. Dimana akan dibentuk tim yang melihat langsung pembinaan pemain di SSB/Klub anggota. Nantinya, setelah lolos verifikasi, mereka akan disahkan dalam kongres tahunan Askot PSSI Makassar yang rencananya berlangsung akhir bulan ini.

Usai kongres, Askot PSSI Makassar akan menggelar Liga yang diikuti para anggota yang sudah terverifikasi. Selanjutnya, hanya SSB/Klub yang ikut Liga akan menjadi voters atau pemilik suara pada kongres pemilihan Ketua Askot PSSI Makassar pada awal tahun depan. "Kami berharap, siapa pun ketua Askot PSSI Makassar yang terpilih mendapat legalitas kuat dan tak lagi menghadapi gugatan dari pihak lain," tegas Ahmad Susanto.


Perbaikan Sarana

Pada kesempatan itu, Ahmad Susanto juga memaparkan rencana Askot PSSI Makassar yang didukung Pemkot Makassar untuk merehabilitasi sejumlah sarana, khususnya di sepak bola. "Seperti di Lapangan Karebosi. Bakal ada dua lapangan sintetis dan satu rumput. Terkait jadwal pemakaian bakal diatur oleh pihak Dispora Makassar," papar Ahmad Susanto.

Dilain pihak, Ahmad Susanto juga menjelaskan sudah mendapat laporan dari manajemen tim Soeratin yang dikoordinir oleh Zico Andi Lolo. Rencananya dalam pekan ini, sudah terbentuk tim pelatih U-13, U-15 dan U-17 yang akan mengggelar seleksi terbuka. "Saya berharap semua SSB/klub anggota mengirim pemain pilihannya mengikuti seleksi," terang Ahmad Susanto.

Seperti diketahui pada penyelenggaran Soeratin terakhir yakni pada 2019, Askot PSSI Makassar berhasil meraih trofi juara pada kategori U-13 dan U-15 serta menjadi runner-up di U-17. "Saya berharap tahun ini kami menyapu bersih tiga gelar itu," tegas Ahamd Susanto yang juga sukses meloloskan tim sepak bola Makassar ke Porprov 2022.

Di tempat sama, Kabid Olahraga Dispora Makassar, M. Jamaluddin Maulana mengapresiasi kinerja Askot PSSI Makassar dalam dua tahun terakhir. "Hanya tekad, motivasi kuat dan pengabdian tulus yang bisa menyelaraskan pembinaan dan prestasi. Hal ini ditunjukkan oleh Askot PSSI Makassar," ujar Jamaluddin. (ab)