Tiga Mahasiswa Untag Surabaya Taklukkan Himalaya

By Admin


nusakini.com - Surabaya - Tiga mahasiswa Universitas Tujuhbelas Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil menaklukkan Pegunungan Himalaya, Nepal,dalam waktu 15 hari. Ketiga mahasiswa yang mampu mencapai puncak dengan ketinggian 6.461 mdpl yang di deretan pegunungan Himalaya, Nepal itu adalah Lanang Bumi Galuh (25), Soleman Bomen Wenda (32) dan Ezra Dwijoyo (24).

"Kami berhasil melakukan Ekspedisi Salju Abadi Mera Peak, Nepal dan berhasil memecahkan rekor pendakian tertinggi kami, selama kurun waktu 15 hari," kata salah satu pendaki, Lanang Bumi Galuh, di Surabaya, Senin (11/4/2016). 

Lanang mengatakan ada tiga tantangan yang harus dihadapi ketika mendaki pegunungan yang membentang di enam negara di Asia tersebut. Tiga tantangan adalah cuaca, ketinggian dan waktu pendakian. 

"Suhu normal di sana mencapai minus 5 derajat, bahkan saat 600 meter menuju puncak, cuaca mencapai minus 21 derajat. Kami juga harus beradaptasi karena oksigen yang semakin menipis seiring dengan dataran yang semakin tinggi," katanya. 

Atas prestasi mereka, Wakil Rektor 1 Untag , Andik Matulessy, mengaku pihaknya saat ini sedang mengajukan beasiswa bagi mahasiswa yang berhasil membawa nama Untag hingga ranah Internasional. 

"Dengan adanya beasiswa atas prestasi nonakademik, bisa menjadi model untuk pembelajaran. Untuk kegiatan ini saja menghabiskan hingga Rp200 juta, mungkin nanti bidang kegiatan yang lain juga bisa dikompetisikan," ujarnya. (ab)