Wapres JK Minta Pemuda Lebih Mampu Berinovasi dan Kreatif

By Admin

Wakil Presiden Jusuf Kalla 

nusakini.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengajak para pemuda untuk lebih mampu berinovasi dengan menciptakan ide-ide kreatif. Jangan terlalu fokus pada urusan politik.

Menurut Kalla, pemuda seharusnya berinovasi dengan menciptakan ide-ide kreatif di berbagai aspek untuk membantu mengangkat nama negara.

Hal itu disampaikan Wapres Kalla saat bertemu dengan Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia, Muhammad Rifai Darus di Kantor Wapres, Rabu (5/10/2016).

Pasca-reformasi, Kalla menilai pemuda seharusnya dituntut untuk berperan lebih dalam menciptakan inovasi baru.

"Jangan kemudian pemuda malah fokus untuk dalami dunia politik, lewat organisasi lebih-lebih yang menjadi bagian dari dinamika perpolitikan," kata Rifai.

Meski berpesan demikian, ia menegaskan, Kalla tidak melarang pemuda untuk terjun di dunia politik.

Namun, menurut Rifai, Kalla mengingatkan agar pemuda memahami secara proporsional dunia tersebut guna menghindari kemungkinan terjadinya konflik.

"Tidak menjadi fokus bahwa pemuda itu harus terjun di dalam politik prkatis yang lebih luas, tetapi prosesnya harus bertahap dan lebih berat juga," kata dia.

Lebih jauh, Rifai meminta, agar pemuda tetap bersikap netral di dalam politik. Khususnya, di dalam penyelenggaraan pilkada yang akan dihelat serentak di 101 daerah pada Februari 2017 mendatang.(b/mk)