AFP Sulsel Bakal Gelar Kongres Pemilihan Ketua Periode 2021-2025

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan bakal menggelar pemilihan ketua periode 2021-2025 di Hotel Grand Town Makasssar, 29 Januari mendatang. Hal itu diungkap Agus Hamid, ketua pemilihan kongres pada nusakini.com, Selasa (19/1). "Mulai besok, kami akan membuka pendaftaran calon ketua sampai 22 Januari," ujar Agus.

Menurut Agus, kongres nanti bakal diikuti 46 voters yang terdiri dari 24 Asosiasi Futsal Kota/Kabupaten (AFK) se Sulsel dan klub anggota AFP. Agus menambahkan, ketua terpilih bakal dihadapkan pada perhelatan PON 2021 Papua dan menggelar Pra-Porda. Ada juga kejuaraan daerah yang rutin digelar dua tahun sekali. "Tahun lalu Kejurda berlangsung di Kabupaten Barru," terang Agus.

Sementara itu, Sekum AFP Sulsel, Nursalam menjelaskan saat ini pembinaan futsal di daerah ini terbilang merata. Apalagi kepengurusan AFK di seluruh kabupaten/kota sudah terbentuk. Kondisi ini membuat Makassar tak lagi menjadi sentral kegiatan dan pembinaan. "Diharapkan dengan meratanya pembinaan maka semakin banyak atlet potensial yang lahir," papar Nursalam.

Di level nasional, tim Futsal Sulsel juga meraih posisi runner-up pada Kejurnas 2017 dan meloloskan sejumlah klub di Liga Nusantara. Tak hanya itu, untuk menyelaraskan program pembinaan berkesinambungan AFP Sulsel juga menggelar kursus buat pelatih dan wasit. (ab)