Messi Inginkan Marcelo Bielsa Latih Barcelona

By ommed


nusakini.com - Bielsa bukan nama asing di LaLiga. Pelatih asal Argentina itu pernah antar Athletic Bilbao jadi finalis Liga Europa & Copa del Rey musim 2011/12.

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, diisukan telah mendesak direksi klub untuk mendatangkan manajer Leeds United, Marcelo Bielsa.

Terkini, Bielsa sukses mengantarkan Leeds menjuarai Divisi Championship sekaligus promosi ke Liga Primer Inggris untuk kali pertama sejak 2004.

Messi dirumorkan tidak nyaman dengan pendekatan taktik pelatih Barca sekarang, Quique Setien.


Hal itu sempat diisyaratkan Messi saat Barca dikalahkan Osasuna dengan skor 2-1 di Camp Nou pada jornada ke-37, pekan lalu.

Gosip pendepakan Setien pun semakin meruncing seusai Blaugrana dipastikan gagal menjuarai LaLiga musim ini.

Barca finis di urutan kedua dengan koleksi 82 poin. Messi dkk terpaut enam angka dari sang juara sekaligus rival bebuyutan, Real Madrid.

Setien ditunjuk menggantikan Ernesto Valverde pada Januari lalu. Namun, eks pelatih Real Betis itu belum mampu memenuhi harapan fans, baik dari aspek permainan pun hasil.

Adapun Bielsa bukan nama baru di sepakbola Spanyol. Ia pernah menukangi Athletic Bilbao pada periode 2011–2013.

Musim lalu, Leeds hampir promosi pada musim pertama Bielsa melatih. Apes, The Whites–yang finis di urutan ketiga klasemen akhir–tumbang pada semi-final Play-offs dari Derby County.

Sebelumnya, pemecatan Setien dikabarkan masih menunggu momentum pemilihan presiden klub baru pada 2021.

Namun, nama yang lebih dulu santer dilaporkan akan jadi suksesor Setien adalah ikon klub, Xavi. Nama terakhir kini masih melatih klub asal Qatar, Al-Sadd.

Meskipun gagal menyumbangkan trofi, Bielsa bisa membawa Bilbao–yang notabene tim papan tengah–menjadi finalis Liga Europa dan Copa del Rey musim 2011/12. (gi/om)